Kapolda Menyambut, 117 Bintara

Bengkulu,BeritaTerbit.com – Setelah menjalani pendidikan dan pembentukan Bintara (Diktukba) Polri SPN Bukit Kaba Polda Bengkulu, sekitar 7 bulan lamanya. Bertempat di lapangan Mapolda Bengkulu, kemarin (1/4) dilangsungkan upacara penyambutan Bintara Polri. Sebanyak 117 orang Bintara itu, disambut langsung Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Supratman MH, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada penyambutan itu Dalam sambutannya, Kapolda Bengkulu meminta, agar para Bintara tersebut dapat menyerahkan seluruh hidupnya demi melayani warga Bengkulu dan turut serta dalam mengamankan jalannya pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) pada 17 April mendatang.

Kapolda Bengkulu juga menekankan, setiap personil Polri harus senantiasa siap memberikan pelayanan dalam tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. “Gunakan bekal ilmu pengetahuan yang didapat dari tempat pendidikan dan pimpinan serta senior yang ada di tempat dinas sebagai panduan dalam memberikan pengabdian,” ucapnya dalam upacara. Kapolda mengucaokan selamat bertugas kepada para Bintara baru tersebut. Dia berpesan agar para Bintara segera adaptasi dengan lingkungan dan cara kerja yang baik, sehingga tercipta Polri yang Promoter (Profesional, Modern, Terpercaya).

Untuk diketahui, sebelum disambut di Polda Bengkulu kedatangan para Brigadir Polri lulusan pendidikan pembentukan (Diktuk) tahun anggaran 2018-2019 sebanyak 117 bintara yang terdiri dari 109 polisi laki-laki (Polki) dan 8 Polisi Wanita (polwan), Senin pagi (29/3) terlebih dahulu dilaksanakan upacara tradisi Jalan Juang dari Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas dan dilepas langsung Kapolda Bengkulu.  Kegiatan tradisi jalan juang juga bermaksud melepas para Brigadir untuk maju memulai melaksanakan Pengabdian dengan Melayani, Mengayomi dan Melindungi kepada masyarakat melalui Polri khususnya di Polda Bengkulu.

Kapolda menjelaskan, maksud yang dikandung dalam kegiatan upacara tradisi jalan juang ini, untuk memaknai jiwa kejuangan yang ada pada Bung Karno sehingga dalam menjalankan tugasnya para Brigadir Polri ini dapat lebih profesional dan bisa memberikan rasa kebanggaan terhadap para Brigadir Polri sehingga sewaktu dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian dapat menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi, serta diharapkan kehadiran para brigadir dapat memberikan manfaat di tengah masyarakat.

Sebelum dilepas untuk melaksanakan tradisi Jalan Juang, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Supratman menyerahkan kendi yang berisi air berasal dari sumur di rumah pengasingan Bung Karno kapada perwakilan Brigadir Polri, yang mengandung makna simbolis bahwa kendi berisi air bekal, baik berupa ilmu pengetahuan maupun keterampilan yang dibawa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Melalui tradisi penyiraman air kendi yang berasal dari sumur rumah pengasingan Bung Karno, menandakan personel Bintara Polri Pendidikan Pembentukan Tahun Anggaran 2018-2019 resmi diterima di Mapolda Bengkulu dan siap melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat. Setelah melakukan Jalan Juang, para Bintara pun harus melakukan tradisi pembaretan yang berlangsung di lapangan Sport Center Pantai Panjang Bengkulu. (732)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.