Jalur Payung Kota Batu Jalannya Mengalami Keretakan

Kota Batu, Jawatimur, beritaterbit.com – Jalur Payung Kota Batu mengalami keretakan. Warga sekitar melaporkan keretakan ini sejak Minggu (14/2/2021).

Bahayanya, banyak kendaraan yang melintasi kawasan ini. Sampai Senin (15/2/2021), jalur Payung Kota Batu masih padat kendaraan.

“Keretakan jalur Payung sudah dua pekan terakhir. Ini berdasarkan informasi warga,” kata Agung Sedayu, Kepala BPBD Kota Batu kepada wartawan, Senin (15/2/2021).

Pantauan BPBD, jalur Payung 1 ambles. Retak tanah juga terlihat melintangi jalur Payung.

Dimensi retakan jalur bervariasi. Tetapi, panjang retak bahu jalan mencapai 75 meter. Terutama di bahu jalan sekitar warung-warung.

Lebar retak sekitar 15 sampai 30 sentimeter. BPBD juga melaporkan terjadi penurunan kontur tanah sampai 15 sentimeter.

Akibatnya, struktur bangunan di sekitar jalur Payung Kota Batu, rusak. Area warung juga mengalami retak dan tanah ambles.

“Tiga kamar mandi dari warung-warung retak parah. Retak di jalan 15 meter. Sedangkan, retak di bahu jalan sampai 75 meter,” tambahnya.

BPBD berupaya memasang rambu rawan longsor. Utamanya, di sepanjang jalur Payung.

Agung juga meminta ada pembatasan tonase kendaraan sehingga jalur Payung Kota Batu tidak terbeban kendaraan berat.

“Kami mengimbau pedagang di Payung 1 untuk waspada. Segera laporan jika ada retak yang lebih besar,” tandasnya.

Menurut Agung, ada banyak faktor penyebab jalur retak yakni, struktur tanah dan geologi. Kemudian, kerapatan vegetasi, kemiringan lereng dan hujan.

“Kerapatan vegetasi itu berkurangnya tanaman pengikat tanah. Karena perubahan fungsi lahan, hujan tidak terserap ke tanah. Tetapi, menjadi air limpasan,” tutur Agung.

“Ini yang bisa menyebabkan bertambahnya berat jenis tanah. Apabila di lereng dengan kemiringan curam, berpotensi terjadi longsor,” tandasnya.

Dia mengimbau pengguna jalan tidak melintasi Payung. Dia juga mendorong ada penanganan dinas terkaits supaya jalan ini bisa terhindar dari longsor. (Har)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.