Idul Fitri 1445 H, 402 WBP Lapas Bukittinggi Terima Remisi

Bukittinggi, beritaterbit.com – Pada momen Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M ini, sebanyak 402 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bukittinggi menerima Remisi.

Penyerahan Pemberian Remisi Khusus (RK) dilaksanakan setelah Sholat Idul Fitri di Aula Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Rabu (10/04/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh WBP muslim dan Pejabat Struktural dan Staf Petugas Lapas Kelas IIA Bukittinggi.

Remisi Khusus diserahkan kepada 402 orang WBP Lapas Kelas IIA Bukittinggi dimana 3 orang WBP mendapatkan RK-II langsung bebas.

Pemberian Remisi Khusus (RK) Idhul Fitri Tahun 2024 bedasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: PAS-600.PK.05.04 Tahun 2024 Tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1445 Tahun 2024 dan Pengurangan Masa Pidana Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Kepala Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Herdianto membacakan Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI dalam rangka Pemberian Remisi Khusus Idhul Fitri Tahun 2024 dan memberikan selamat kepada Narapidana yang mendapatkan Remisi tersebut.

“Ya benar, ada tiga WBP yang mendapatkan RK II dan langsung bebas dikarenakan tidak adanya subsider,” ungkap Kalapas.

Kalapas juga mengingatkan kepada WBP agar kedepan untuk dapat terus meningkatkan Pembinaan baik Pembinaan Kepribadian maupun Pembinaan Kemandirian sebagai bekal nantinya kembali di tengah-tengah masyarakat.

“Selamat kepada teman-teman Warga Binaan yang hari ini mendapatkan remisi semoga dengan adanya reward dari negara dapat meningkatkan diri ke hal-hal yang lebih positif kedepannya dan bisa berkontribusi positip kepada keluarga yang dirumah dan kepada negara setelah selesai menjalani masa pidana nantinya,” ungkap Herdianto.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan Remisi Khusus Idhul Fitri Tahun 2024 telah memenuhi syarat sesuai dengan Pasal 10 (2) UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan yaitu berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan dan telah menunjukkan penurunan tingkat resiko.

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan lancar tanpa kendala maupun hambatan dan dilanjutkan saling bersalam-salaman antar pegawai dan Warga Binaan Lapas Bukittinggi.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.