Haul ke-5 KH Thoha Sulaimy Singosari, Kebumen Digelar Secara Sederhana

Kebumen, beritaterbit.com, Haul atau peringatan hari wafatnya seseoarang sudah menjadi tradisi di Jawa Tengah salah satunya di Desa Singosari, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Peringatan haul dilaksanakn oleh dzuhriyah KH Thoha Sulaimy untuk mengenang perjuangan beliau dimasa hidupnya.

Karena masih dalam masa pandemi covid-19, maka haul diselenggarakan secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat yang di laksanakan di halaman masjid Darussalam, Desa Singosari, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (13/06/2021) kemarin.

 

Ketua Panitia Haul KH Thoha Sulaimy Singosari, Tufail Muhammad atau yang akrab disapa Gus Tufail mengatakan, haul tersebut merupakan haul yang ke-5 atas meninggalnya KH Thoha Sulaimy.

 

“Jadi tema haul kali ini adalah meneladani guru melalui perilaku merajut keihlasan meneruskan perjuangan,” katanya.

 

Gus Tufail juga menerangkan, bahwa KH Thoha tersebut merupakan salah satu pejuang jamaah manakib jawahirul mangani di Kabupaten Kebumen.

 

“Jadi KH Thoha Sulaimy ini adalah khalifah pertama di Kebumen setau saya, kegiatan haul ini juga rutin kita laksanakan sertiap satu tahun sekali,” terangnya.

 

Sementara itu, Kyai Asrori atau Kyai Kendiel dari Loano, Kabupaten Purworejo dalam ceramahnya menyampaikan, Bahwa pendidikan, ilmu dan sebagainya pertama kali dari orang tua, maka sudah selayaknya seorang anak untuk berbakti kepada orang tua.

 

“Orang tua yang sudah mati itu tidak membutuhkan kopi, makanan dan lain-lain akan tetapi mereka itu membutuhkan doa makanya perlu dan sangat penting diadakanya haul seperti ini,” ucapnya.

 

Kyai Kendiel juga menjelaskan pentingnya dilaksanakan haul setiap tahun tersebut untuk mengenang perjuangan-perjuangan orang tua, para pahlawan untuk kita doakan.

 

“Karena tanpa mereka-mereka yang sudah meninggal mungkin kita tidak akan mengenal siapa Tuhan kita makanya sangat penting untuk kita selalu mengingat perjuangan-perjuangan orang tua, guru dan para pahlawan dengan mengadakan haul seperti ini,’ pungkasnya. (TIYA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.