Hari Pertama TSR (Tim XIV) Kabupaten Tanah Datar Sambangi Masjid Ihsan Sungai Patai

Tanah Datar, beritaterbit.com – Hari pertama Tim XIV Safari Ramadhan (TSR) Kabupaten Tanah Datar yang diketuai oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Alfian Jamrah, sambangi Masjid Ihsan yang terletak di Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, Senin malam (18/03/2024).

Turut mendampingi Asisten II, Kepala Satpol PP dan Damkar, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Kabag Pemerintahan, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes, Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi, Kabid Penagihan dan Pengawasan serta Wartawan yang bertugas di Tanah Datar.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Camat Sungayang Narti beserta Forkopimca Sungayang, Wali Nagari Sungai Petai Dedet Syukri beserta Perangkat Nagari, Tokoh Masyarakat, Bundo Kandung serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Dedet Syukri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menggalakkan Program Safari Ramadhan setiap tahunnya.

“Terima kasih kepada Tim Safari Ramadhan Kabupaten yang malam ini mewakili Bapak Bupati yaitu Bapak Asisten II beserta rombongan yang telah hadir ke Masjid Ihsan Nagari Sungai Patai. Kami berharap tahun-tahun berikutnya TSR Kabupaten juga kiranya dapat mengunjungi Surau/Mushala-Mushala yang ada di Nagari Sungayang,” harap Dedet.

Selanjutnya Dedet Syukri juga menyampaikan informasi perihal adanya “Pulang Basamo” dari Perantau Sungai Patai.

“Perlu kami sampaikan kepada Bapak, Ibu dan seluruh masyarakat Nagari Sungai Petai bahwa sesudah hari Raya Perantau Sungai Petai akan mengadakan “Pulang Basamo” dan akan melaksanakan halal- bihalal, juga memberikan Bantuan Sosial (Bansos), santunan untuk Anak Yatim, juga berobat gratis yang akan dilaksanakan di lapangan Galoweh. Jadi mari kita sikapi bersama-sama dengan menghadiri acara tersebut,” kata Dedet Syukri.

Dedet Syukri juga mengingatkan pulangnya Perantau Sungai Petai dalam rangka “Pulang Basamo, Kembali ke Nagari”. “Maka mari kita sambut, kita hargai, kita dampingi masyarakat kita yang pulang di Hari Raya nanti,” pungkasnya.

Selanjutnya, sebagai Ketua Tim yang mewakili Bupati Tanah Datar, Alfian Jamrah memperkenalkan rombongan Tim XIV.

Dalam sambutannya, Alfian Jamrah membacakan sambutan Bupati Tanah Datar,. diantaranya menyampaikan informasi tentang perkembangan pembangunan di Kabupaten Tanah Datar dan 10 Program Unggulan (Progul) Pemerintah Daerah yang hingga saat ini masih terus dilaksanakan dan berupaya untuk ditingkatkan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian memiliki 10 Program Unggulan Daerah yang hingga saat ini masih terus dilaksanakan dan terus diupayakan untuk ditingkatkan, maka mari kita dukung, kita manfaatkan 10 Program Unggulan Daerah ini dengan baik,” kata Alfian Jamrah.

Diantara 10 Program Unggulan tersebut adalah Menciptakan Usahawan Baru dan Lapangan Kerja, Efisiensi Biaya Pertanian melalui Program Bajak Sawah Gratis, Asuransi Tani, Asuransi Ternak dan Pupuk Bersubsidi, Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk wilayah yang jauh dari Ibukota Kabupaten, Satu Nagari Satu Event, Satu Rumah Satu Hafiz/zah, Menunjang Ekonomi Kreatif dengan memajukan Produk Nagari dan UMKM, Melestarikan Budaya dan Olahraga dan Membangun 100 Jaringan Seluler untuk daerah Blank Spot.

Alfian Jamrah juga menyampaikan informasi tentang prestasi, penghargaan dan capaian-capaian yang telah diraih oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar.

Di akhir sambutannya, Alfian Jamrah menyampaikan pesan Bupati Eka Putra diantaranya ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung Program Pemerintah Daerah selama ini sehingga Program Unggulan Daerah dapat berjalan dengan lancar dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Alfian Jamrah juga mengajak masyarakat Nagari Sungai Petai untuk melaksanakan Puasa Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

“Mari kita laksanakan Puasa Ramadhan dengan sebaik-baik, perbanyak ibadah dan amal di Bulan Suci yang penuh berkah ini. Kami juga menghimbau agar Bapak/Ibu senantiasa menjaga anak-anak kita, generasi kita dari hal-hal negatif dan pengaruh lingkungan yang tidak baik,” lanjut Alfian Jamrah.

Diakhir acara Tim XIV Safari Ramadhan Kabupaten Tanah Datar menyerahkan bantuan berupa uang Rp 15.000.000, Vacuum Cleaner juga bantuan untuk berbuka puasa.

Acara dilanjutkan dengan Ceramah Agama oleh Ustadz Helmi Zuldi, S.Ag, M.Pdi yang mengangkat judul Shalat yang Khusuk dan diakhiri dengan Shalat Tarawih Berjamaah.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.