Hadiri Panen Raya SL Desa Lunto Barat, Wawako Zohirin Sayuti Sampaikan Apresiasi dan Terima Kasih

Sawahlunto, beritaterbit.com – Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto Zohirin Sayuti menghadiri Panen Raya Sekolah Lapangan (SL) tanaman jagung di Desa Lunto Barat, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

SL Tanaman jagung ini merupakan Program Pemerintah Desa Lunto Barat dalam rangka meningkatkan kemampuan dan memperluas wawasan petani di Desa tersebut.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Desa Lunto Barat atas keberpihakan pada petani sehingga komitmen meningkatkan kompetensi petani dengan Sekolah Lapang ini. Terima kasih juga kepada para petani yang telah mengikuti program ini dengan penuh semangat,” kata Wawako Zohirin.

Disebut Wawako Zohirin Sayuti, Pemko Sawahlunto juga sangat mendukung program-program peningkatan kapasitas/kompetensi petani karena akan berdampak langsung pada peningkatan hasil panen dan kesejahteraan petani.

“Kita dukung melalui Dinas Pertanian, jadi tolong para Penyuluh yang menjadi Instruktur Sekolah Lapang ini, sampaikan seluruh ilmu itu dengan baik sehingga petani-petani kita paham dengan utuh dan bisa menerapkannya secara maksimal,” ujar Wawako Zohirin.

Pemerintah Desa Lunto Barat Kecamatan Lembah Segar meningkatkan kemampuan dan memperluas wawasan petani di desa itu melalui kegiatan Sekolah Lapang (SL) tanaman jagung.

Sementara itu, Sekretaris Desa Lunto Barat Rifka Kurnia Putri mengatakan Sekolah Lapang pada Dasawisma Air Mancur itu diikuti 10 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Kelompok-Kelompok Tani.

“Sekolah Lapangan ini berlangsung selama 12 kali pertemuan. Dengan demplot (lahan percontohan) kurang dari satu hektar,” kata Rifka.

Disebutkan Rifka, Pemdes Lunto Barat memfasilitasi peserta Sekolah Lapang tersebut dengan dukungan antara lain berupa transportasi, konsumsi dan lain-lain.

“Selain memfasilitasi peserta, Pemdes Lunto Barat juga menyediakan sarana produksi berupa bibit dan pupuk. Totalnya dari ABDes dialokasikan Rp47 juta untuk fasilitasi dan sarana produksi Sekolah Lapang ini,” kata Rifka.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto Yunismar Tita menyampaikan pihaknya mendukung Sekolah Lapangan itu dengan menyediakan Instruktur dari jajaran Penyuluh Lapangan.

Yunismar berharap, dengan adanya Sekolah Lapangan ini dapat meningkatkan kreativitas petani sehingga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diinginkan.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.