Gubernur Sulsel Siap Beri Dukungan Dana Pembangunan Bendungan Sungai Lamole di Sinjai

Sinjai, Sul-Sel, beritaterbit.com – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Sinjai bahwa siap memberikan dukungan berupa Alokasi anggaran pembangunan bendungan Sungai Lamole sebesar Rp 25 miliar, Kamis (07/01/2021) lalu.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadistha Asapa (ASA) terjun meninjau lokasi rencana T.A. 2021, pembangunan bendungan Sungai Lamole, Dusun Barang Dua, Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Buluppodo, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Rabu (13/1/2021).

Bupati ASA menuturkan, bahwa bendungan Sungai Lamole yang akan dibangun ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penampungan air, sehingga kontinuitas suplai air ke sawah masyarakat terjaga.

Sebab wilayah tersebut, sawah para petani masih mengandalkan tadah hujan. Rencana pembangunan itu merupakan angin segar bagi masyarakat setempat.

“Dengan keberadaan bendungan Lamole nanti, tentunya akan lebih meningkatkan produksi pertanian karena sawah yang selama ini hanya panen sekali setahun akan bisa panen dua hingga tiga kali dalam setahun,” katanya.

Bendungan Lamole sangat penting dibangun karena dari segi pertanian akan mengaliri sekitar 200 hektare sawah, tentu akan meningkatkan produktivitas petani dan ekonomi petani kita, menurutnya bendungan Sungai Lamole tidak sebagai pemasok air  area persawahan dan diproyeksikan mampu sebagai memasok air baku untuk kebutuhan masyarakat.

“Kalau air bersih sudah terpenuhi, tentu kita harapkan tingkat ekonomi masyarakat juga akan meningkat, demikian secara kesehatan juga meningkat karena adanya air bersih,” jelasnya.

Disebutkan Bupati ASA, rencana pembangunan bendungan Sungai Lamole ini akan menggunakan dana bantuan dari provinsi T.A. 2021. Kunjungan ini juga untuk menyampaikan pesan dan harapan dari Gubernur Suldel ke masyarakat Kecamatan Bulupoddo, jika rencana pembangunan bendungan ini nantinya dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan para petani lebih sejahtera.

“Kita sudah siap, tinggal menunggu surat dari Pemprov yang telah dijanjikan oleh Pak Gubernur, Februari mendatang. Kalau sudah ada, segera kita lakukan,” tuturnya.

Sementara ketua P3A Lamole Appa merasa bersyukur adanya rencana pemerintah tersebut sebab sejak 2007 silam dinantikan dan baru akan terwujud di tahun 2021.

“Saya sudah dijanji sejak tahun 2007 lalu, saya senang karena sudah dikunjungi pemerintah, itupun juga saya sudah saya sampaikan kepada pak bupati sudah 14 tahun pak saya menunggu dan alhamdulillah semoga terwujud di tahun ini dan Terimah kasih pak bupati,” ucap Appa.

Peninjauan lokasi rencana pembangunan bendungan Sungai Lamole, Bupati Andi Seto Gadhista Asafa, didampingi Kadis PUPR Andi Taufiq Saleh, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, Camat Bulupoddo Haji Sofwan Sabirin, Kepala Desa Lamatti Riattang, Amiruddin, ketua P3A, Lamole Appa.

Sumber : Sambar
Editor : Farid.S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.