Distan Seluma Bagikan 5 Unit Mesin Perontok Padi Kepada Kelompok Tani

Seluma, Beritaterbit.com – Dinas Pertanian Kabupaten Seluma bagikan 5 unit mesin perontok padi (power thresher) kepada kelompok tani secara simbolis oleh Bupati Seluma yang di wakili Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma H. Hadianto SE., MM., M.Si didampingi Asisten 1, 2 dan 3 serta para staf Ahli di lokasih pasar sembaya pada apel pagi Rabu (27/12/2023).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Erian Sosial SP., M.Si saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (28/12/2013) mengatakan, pembagian mesin perontok padi (Power Thresher) kepada kelompok tani ini untuk menekan kehilangan hasil pasca panen dan meningkatkan kualitas gabah.

Ia mengatakan, kalau selama ini penanganan pasca panen masih banyak dilakukan dengan cara manual sehingga tingkat kehilangan hasil gabah tinggi. “Dengan pengadaan mesin perontok padi ini, kehilangan hasil padi pada pascapanen dapat ditekan sekaligus meningkatkan kualitas gabah,” terangnya.

Adapun pembagian mesin perontok padi ini khusus untuk kelompok tani pemilik areal lahan tanam padi, baik padi sawah maupun lahan padi darat. Sementara 5 kelompok tani yang mendapat bantuan mesin perontok padi ini yaitu 1. Kelompok Tani Upja Karya Mumuda dengan Ketua Kelompok Edi purnomo yang beralamatkan di Desa Bukit Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja.

2. Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rejeki, Ketua Kelompok Karmo Suwito yang beralamatkan di Desa Sari Mulyo, Kecamatan Sukaraja.

3. Kelompok Tani (Poktan) Sari Mulya 2, Ketua kelompok Sukiman yang beralamatkan di Desa Sukasari, Kecamatan Air Periukan.

4.Kelompok tani Poktan Tani Sejahtera, Ketua kelompok Ibnu Rusdin yang beralamatkan di Desa Masmambang, Kecamatan Talo.

5.Kelompok tani Poktan Bangkit Bersama, Ketua kelompok tani Rekoni yang beralamatkan di Desa Tanah Abang, Kecamatan Ilir Talo.

Penulis: Yoyon

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.