Dikabarkan Timsus Maleo Polda Sulut Dibubarkan, Ini Tanggapan Warga dan Akademisi

Manado, beritaterbitcom – Terbentuknya Timsus Maleo Polda Sulut mulai dari Kapolda Sulut Irjen. Pol Drs. Royke Lumowa. M.M pada Kamis 26 Maret 2020. Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra dan Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana kemudian saat sekarang Timsus Maleo Polda Sulut Dikabarkan dikembalikan ke satuan masing-masing.

Adapun pendapat dan pandangan dari Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Toar Palilingan SH MH dari kinerja Timsus Maleo Polda Sulut, masyarakat sangat merasakan, kita juga bisa lihat tingkat kriminalitas menurun itukan fakta,tuturnya.

Palilingan menyampaikan kalau toh akhirnya Timsus Maleo itu dibubarkan dikembalikan ke kesatuan masing-masing itukan hasil analisis dan evaluasi karena bagaimanapun juga tim ini di bentuk untuk menjawab tuntutan atau kebutuhan, kalau peranya baik dan ada efek tinggal dilanjutkan oleh satuan yang bertanggung jawab.

Lanjutnya, kalau adanya kecenderungan trend lagi naik untuk kejahatan-kejahatan premanisme atau curan-curan dan kejahatan lainya tentu ada program lagi jangka pendek seperti dibentuknya timkusus.

Tim Maleo Polda Sulut adalah merupakan gabungan anggota dari elit-elit kesatuan masing-masing tentu ada pertimbangan hasil evaluasi internal, kita sebagai masyarakat perna mengalami secara langsung, keluarga dimasukin penjahat residivis merampok dirumah, cuma beberapa waktu langsung di tangani barang kembali.

Timsus Maleo Polda Sulut manfaatnya masyarakat senang, tim cukup profesional dalam bekerja sesuai dengan tujuan bentukanya,yang pasti tim seperti ini sangat di butuhkan masyarakat karena adanya kecenderungan meningkat kriminalitas, harapan untuk merawat rasa aman dan nyaman silahkan polsek-polsek, Polres, teritorial yang punya tanggung jawab melakukan tugas pengamanan pengayom masyarakat,bravo Timsus Maleo Polda Sulut, luar biasa,ungkapnya.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno melalui Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan, seluruh personel Tim Khusus (Timsus) Maleo Polda Sulut dikembalikan ke satuan masing-masing.

“Untuk Tim-tim Khusus (Timsus) termasuk Timsus Maleo Polda Sulut, bahwa mulai tanggal 17 Januari 2022, Timsus Maleo Polda Sulut telah dibubarkan, dan para personelnya dikembalikan ke Satuan Kerja (Satker) maupun Satuan Kewilayahan (Satwil) masing-masing,” ujarnya, Selasa (18/01) siang, di Mapolda Sulut.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, dikembalikannya personel tersebut karena pembentukan Timsus Maleo Polda Sulut pada awalnya dibentuk dari berbagai Satker maupun Satwil yakni Polresta dan Polres jajaran.

“Kemudian berdasarkan hasil analisa dan evaluasi (anev) pelaksanaan tugas, yang juga disampaikan dalam Apel Kepala Satuan Kewilayahan (Kasatwil) diikuti para Kapolda se-Indonesia pada Desember 2021 lalu, maka seluruh Timsus yang ada agar personelnya dikembalikan ke kesatuan masing-masing,” jelasnya.

Menindaklanjuti hasil anev tersebut, sambung Kombes Pol Jules Abraham Abast, maka Kapolda Sulut menerbitkan Surat Telegram pada tanggal 17 Januari 2022, yang menegaskan secara resmi telah membubarkan Timsus Maleo Polda Sulut dan mengembalikan para personelnya ke Satker dan Satwil masing-masing, berlaku sejak Surat Telegram ini diterbitkan.

“Dan tentunya Polda Sulut akan melakukan upaya-upaya mengoptimalkan fungsi-fungsi kepolisian yang ada. Seperti fungsi preemtif yang diemban Direktorat Binmas, kemudian fungsi preventif oleh Sabhara, dan juga fungsi represif yang diemban Reserse,” jelasnya kembali.

Kombes Pol Jules Abraham Abast menambahkan, evaluasi serupa juga akan dilakukan terhadap Tim-tim Khusus lainnya di jajaran Polda Sulut, apakah diperpanjang atau tidak dilanjutkan.

“Karena Tim-tim Khusus itu digunakan secara tertentu dan dalam tenggang waktu yang tertentu juga,” tandas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Dari berita “Untuk Tim-tim Khusus (Timsus) termasuk Timsus Maleo Polda Sulut, bahwa mulai tanggal 17 Januari 2022, Timsus Maleo Polda Sulut telah dibubarkan”, Maikel Pusung ketua umum MBS / MAXIM BIKE SULUT angkat bicara rasa prihatin kenapa di bubarkan Tim Maleo Polda Sulut, Tim Maleo banyak membantu masyarakat kurang mampu, kami komunitas dalam berkendaraan yang dikenal ojek/taksi online merasa senang atas tindakan pada waktu melakukan tindakan kepada oknum – oknum debt collector yang melakukan pelanggaran hukum.

Adapun pernyataan warga dari adat, budaya,ada yang perlu di lestarikan ada yang perlu di tinggalkan, sudah pasti fungsi kearfian lokal dari potensial masyarakat terbentuknya perkumpulan Maesa’an Waya Maleo Lovers Sulut (MWMLS) yang di kenal masyarakat di sebut relawan kamtibmas, atau dikenal kelompok masyarakat sadar keamanan ketertiban masyarakat dalam berpendapat memberi peryataan mendukung Timsus Maleo Polda Sulut melaksanakan kinerja selama ini memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat,diskusi alot bertempat di kelurahan kombos timur,lingkungan II ,kecamatan singkil pada hari selasa tanggal 18 januari 2022 (sekretariat MWMLS MDO).

Dalam rapat pertemuan,warga telah memberi dukungan,ungkapan hati peduli timsus maleo polda sulut harus tetap ada dan tidak di bubarkan,karena peran kamtimas dari timsus maleo polda sulut itu sangat penting di sulawesi utara.

Memohon ke Kapolda Sulut dari aspirasi warga,atas peran aktifnya dari timsus maleo polda sulut sangat-sangat penting, dari isi personil dalam kemampuan mengolah TKP dalam pengungkapan kasus, dari paling penting cara mengedukasi masyarakat sehingga warga yang bergabung dalam pelopor kamtibmas merasa memiliki memberikan informasi demi mempersempit ruang kejahatan dan pelanggaran hukum.

Ketua Umum MWMLS Yance Sumerah menyampaikan agar jajaran Maesa’an Waya Maleo Lovers agar dalam menjaga stabilitas, jangan terpengaru emosional sepihak, logika yang kita pakai dan jika ada sekelompok yang menawarkan dan akan mempunyai rencana demo karena dikejutkan timsus maleo akan di bubarkan dalam logika kita pakai cara sesuai kaidah, biarlah dia mengalir, di serahkan internal kepolisian sudah pasti sesuai skil personil Maleo sangat di akui, bentuk apapun yang Ada pihak kepolisian ada Standar Operasional Prosedur, Polri Presisi, tutupnya. (Tim)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.