Deri Asta: Penghargaan KLA Tingkat Utama, Anugerah yang Sepantasnya Diterima Oleh Sawahlunto

Sawahlunto, beritaterbit.com – Penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) Kategori Utama tahun 2023 layak dan sudah sepantasnya diterima oleh Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, karena untuk memenuhi syarat sebagai Kota layak anak Tingkat Utama Pemerintah Kota Sawahlunto telah menyusun berbagai kebijakan-kebijakan yang mendukung Pemenuhan Hak-Hak dan Perlindungan Anak.

Demikian diantaranya disampaikan Walikota (Wako) Sawahlunto Deri Asta, SH pada saat menggelar Press Conference bersama Awak Media yang bertugas di Sawahlunto, di ruang rapat Balai Kota setempat, Rabu (02/08/2023).

Sebelumnya, Kota Sawahlunto telah 4 kali mengantongi penghargaan KLA kategori Nindya.

“Sebelumnya kita sudah pernah mendapatkan Penghargaan KLA ini yaitu untuk Kategori Nindya, dan di tahun 2023 ini kita memperoleh Predikat Utama. Ini merupakan penghargaan tertinggi yang kita peroleh dari Pemerintah RI atas komitmen dan keseriusan kita dalam menciptakan Sawahlunto sebagai kota yang aman dan nyaman bagi anak,” ujar Deri Asta.

Pada kesempatan itu Deri Asta menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Sawahlunto dan Steakholder terkait yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam mewujudkan Sawahlunto sebagai Kota Layak Anak.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat terhadap komitmen bersama Pemerintah Kota Sawahlunnto, masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada dalam menciptakan kota yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Insya Allah ke depannya Pemerintah Kota Sawahlunto akan terus berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan bimbingan semaksimal mungkin kepada anak-anak, karena anak-anak adalah generasi muda penerus masa depan Sawahlunto,” imbuh Deri Asta.

Dijelaskan Deri Asta, ada beberapa kategori yang menjadi penilaian bagi kota Sawahlunto dalam mendapatkan penghargaan KLA dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) diantaranya Penguatan Kelembagaan, Hak Sipil dan Kebebasan, Hak Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Hak Kesehatan dan Kesejahteraan, Pendidikan dan lain sebagainya.

“Dengan dinobatkannya Kota kita sebagai Kota Layak Anak ini, banyak keuntungan yang yang kita dapatkan diantaranya bantuan Dana DAK Non Fisik untuk penanganan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, menjadi sasaran studi banding bagi kabupaten kota di Indonesia, diperhitungkan dalam hal isu-isu anak di perkotaan dan masih banyak lagi keuntungan lainnya,” ujar Deri Asta lagi.

Diakhir penyampaian Deri Asta mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kota Sawahlunto bersama stakeholder dan masyarakat untuk terus mendukung dan melindungi anak-anak Sawahlunto serta memenuhi hak-hak mereka secara layak, karena anak-anak atau generasi saat ini adalah pemimpin di masa yang akan datang.

Turut mendampingi Wako Deri Asta dalam Press Conference tersebut, Sekda Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDPPA) Kota Sawahlunto, Kadis Kominfo Nova Erizon serta undangan lainnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.