Coffee Morning Bareng Awak Media, Kepala BKPSDM Luwu Ucapkan Selamat Hari Pers Nasional

Luwu, beritaterbit.com – Kepala BKPSDM Kab. Luwu, H. A. Muhammad Ahkam Basmin menggelar Coffee Morning bersama sejumlah awak media bertepatan dengan Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2023 yang digelar di Baruga BKPSDM Luwu, Belopa (9/02/2003).

Hadir dalam Coffee Morning tersebut antara lain Sekretaris Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Luwu bersama para Kabid yang berdiskusi dengan awak media sekaitan dengan program kemiteraan Media dengan Pemkab Luwu.

Dalam coffee morning itu, Opger sapaan akrab H. A. M. Ahkam Basmin, menyampaikan beberapa poin penting terkait harmonisasi Insan Pers dengan Pemkab Luwu antara lain:

Pertama, kata Opger. Terkait kelengkapan administrasi perusahaan media harus di lengkapi dan dilampirkan pada surat permohonan berlangganan untuk bermitra di Dinas, terutama di BKPSDM dan di Dinas Kominfo, supaya kami di dinas verifikasi ulang legalitas perusahaan media mana perusahaan media apakah memenuhi syarat untuk bermitra atau tidak, karena kami juga buat laporan pertanggung jawaban untuk diaudit oleh BPK.

Diketahui, di Kabupaten Luwu ada tiga organisasi profesi pers yang aktif yaitu PWI, Join dan IWO. Lanjut Opger, “Kami pemerintah apa saja yang dinaungi pada masing-masing organisasi tersebut, supaya kami tahu media apa dalam naungan organisasi mana, sehingga kami tidak bingung,” jelas Opger.

“Poin ketiga, karena kami Kominfo dan BKPSDM mewakili Pemda dalam pertemuan ini dan media yang sudah bermitra dengan Kominfo dan BKPSDM, kami berharap jangan lagi menekan dinas lain yang belum menganggarkan untuk media, kalau di terima Alhamdulillah dan kalau belum di terima kan kalian sudah bermitra dengan kami di BKPSDM dan Dinas Kominfo,” tutur Opger.

Opger atau H.A Muh.Ahkam Basmin berharap juga kedepan ada kerjasama yang baik, antar insan pers dalam arti media dengan pemerintah daerah dalam mempublikasikan informasi terkait kejadian di kabupaten Luwu. “Kedepannya kalau ada dinas atau instansi yang berbuat negatif atau tidak baik, teman-teman pers harus konfirmasi dulu, ditegur dulu jangan langsung disajikan ke publik tanpa konfirmasi,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo dan Persandian, Anwar Amir mengaminkan apa yang disampaikan oleh Kaban BKPSDM. Selain mendukung harapan-harapan dan penyampaian Opger, Anwar Amir juga memberikan penjelasan secara terperinci terkait standar kelengkapan administrasi perusahaan media yang diterima untuk bermitra kepada teman-teman pers yang sempat hadir.

Selain berdiskusi tentang standar legalitas perusahaan media yang di terima untuk bermitra, terkait hak dan kewajiban kontrak maupun ketiga organisasi profesi yang disebut, hasil diskusi Opger membentuk tim khusus untuk membantu pemerintah daerah dalam hal menghadapi regulasi yang mengantar Perusahaan media mendaftar ke LPSE kabupaten Luwu dalam pengisian e-katalog untuk menyempurnakan pengawasan penggunaan anggaran pemerintah ke perusahaan media.

Penulis: Yana

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.