Bupati Bireuen Instruksikan : Penyembelihan Hewan qurban di Bireuen Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Bireuen, Beritaterbit.com – Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi menginstruksikan seluruh desa dalam wilayah Kabupaten Bireuen melalui 17 Camat agar kegiatan penyembelihan hewan qurban di masing-masing desa dapat disesuaikan dengan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

Selain itu diharapkan juga agar Camat memantau pelaksanaan peneyembelihanhewan qurban pada hari “ H “ atau satu dua hari setelah lebaran Idul Adha agar penyembelihan tetap mengacu ke protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

Demikian diungkapkan Bupati Bireuen kepada media ini Senin 27 Juli 2020 yang disebutkan selain lisan juga sudah dikeluarkan surat surat resmi yang ditandatangani olehnya tertanggal Senin 27 Juli 2020.

Dalam surat tersebut katanya berpedoman kepada surat  Gubernur Aceh  tanggal 20 Juli lalu kemudian dijelaskan dalam surat bupati Bireuen isinya antara lain penyelenggaraan shalat Idul Adha  1441 H/2020 M  dapat dilaksanakan di semua kecamatan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Disebutkan, penyembelihan hewan qurban juga harus memenuhi  protokol kesehatan dengan memperhatikan kebersihan personil panitia, alat-alat penyembelihan  dan penerapan jaga jarak fisik ketika pembagian daging  qurban kepada masyarakat.

Sementara para camat bersama unsur Forkopimcam, tokoh agama  dan pihak  penyelenggara shalat Idul Adha dan panitia penyembelihan  hewan qurban  melakukan sosialisasi  dan pengawasan  dalam rangka penanganan covid-19 yang harus diterapkan  secara ketat guna memutuskan  mata rantai penyebaran  dan penularan  covid-19.

Muzakkar menambahkan, para camat dapat menyampaikan informasi kepada para Keuchik dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaran shalat Idul Adha dan panitia hewan qurban di wilayayhnya menyangkut penerapan protokol kesehatan  dalam kegiatan tersebut.

“Kita perlu menyadarinya bahwa tujuan dari penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha dan juga saat kegiatan penyembelihan hewan qurban untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 dalam wilayah Kabupaten Bireuen. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.