Apresiasi Terhadap Jurnalis, Diskominfo Tanah Datar Laksanakan Study Kompetitif Wartawan ke Pekanbaru

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Sebagai bentuk apresiasi terhadap kaum Jurnalis setelah kurang lebih satu tahun lamanya bertugas, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Tanah Datar membawa Wartawan Tanah Datar melakukan Studi Komparatif ke Pekanbaru, Provinsi Riau.

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar Drs. Yusrizal, MM didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Lovely Harman Yulyadi, ST, MT, Kabid IKP Roza Melvita, S.STP serta sejumlah pegawai dan staf. Rombongan bertolak dari Tanah Datar, Minggu (04/12/2022).

Agenda hari pertama yaitu kunjungan ke Diskominfo Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada Senin (5/12/2022). Rombongan disambut lansgung oleh Kepala Dinas Kominfo Siak Romy Lesmana beserta jajaran.

Dalam sambutannya Kadis Kominfo Tanah Datar Yusrizal, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas sambutan dari Diskominfo Kabupaten Siak. Yusrizal katakan rombongan yang datang dari Tanah Datar berjumlah 70 orang, terdiri dari Kadis, Sekretaris Dinas, jajaran Kabid di Dinas Kominfo, Pranata Humas dan jajaran staf. Selain itu, turut hadir sejumlah Jurnalis dari Media Cetak maupun Media Online yang bertugas di Tanah Datar.

“Rombongan kami sekitar 70 orang, sebagian besar adalah Jurnalis. Selain itu juga ada perwakilan Humas dari jajaran Forkopimda Tanah Datar diantaranya dari Polres, Kodim dan Humas DPRD Tanah Datar,” ujar Yusrizal menjelaskan.

Yusrizal juga menjelaskan kunjungan tersebut merupakan bentuk apresiasi untuk Jurnalis yang telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Tanah Datar dan Dinas Kominfo.

“Sebenarnya ini (kunjungan) apresiasi untuk Jurnalis di Tanah Datar. Jurnalis ini luar biasa, sumbangsih mereka sangat besar bagi Tanah Datar,” terangnya.

“Dari indikator yang kita tetapkan ada 44 jurnalis yang bisa berjalan. Jadi yang bisa berangkat itu yang sesuai dengan kriteria tertentu dari kami. Perjalanan ini sudah tahun ke-3,” tambah Yusrizal.

Kadis Yusrizal berharap Dinas Kominfo maupun Pemkab Siak bersedia melakukan kunjungan balasan ke Tanah Datar.

“Kami berharap ada balasan, Dinas Kominfo Siak ataupun Pemkab Siak berkunjung juga ke lokasi kami Tanah Datar,” katanya.

Pada kesempatan itu Yusrizal juga memperkenalkan sekilas tentang Kabupaten Tanah Datar yang merupakan daerah pusat Kebudayaan Minangkabau dengan potensi budaya dan wisata yang sangat menarik. Yusrizal katakan kalau ke Sumatera Barat belum dikatakan ke Minangkabau kalau belum berkunjung ke Tanah Datar.

Sementara itu, Pihak Kabupaten Siak yang diwakili Kadis Kominfo Siak Romy Lesmana menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan dari Tanah Datar.

“Selamat datang di Kabupaten Siak, silahkan melihat daerah kami, sebenarnya banyak sekali yang bisa dikunjungi. kecamatan Tualang kawasan indsutri penduduk 100 ribu an orang, kandis dan siak kota sendiri,” terangnya.

Romy menjelaskan Siak merupakan Kabupaten Baru pengembangan dari Kabupaten Bangkinang, begitupun Dinas Kominfo Siak yang baru berdiri tahun 2017 lalu.

“Kami kabupaten yang masih baru, pengembangan dari Kabupaten Bangkinang, intensitas kegiatan masih sedikit. Kominfo pun demikian, saya sendiri baru dilantik Oktober 2022 lalu,” terangnya.

Romy pun menjelaskan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan oleh Dinas Kominfo Siak seperti pembuatan aplikasi yang membantu kegiatan Pemkab, aplikasi lanjutan dari pemerintah pusat hingga kegiatan kerja sama dengan Jurnalis.

“Kominfo di bawah Bidang IKPS menyelenggarakan kerja sama dengan 128 media cetak maupun online, membuat aplikasi-aplikasi untuk pemerintah daerah juga yang dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan diskusi antara jurnalis asal Tanah Datar dengan Dinas Kominfo Siak. Acara diakhiri dengan penyerahan Cendramata dari Diskominfo Tanah Datar kepada Diskominfo Siak dan sebaliknya, juga foto bersama. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.