Taman Lalin Program Dishub Kab Blitar Edukasi Lalulintas Anak Usia Dini

Kab Blitar, beritaterbit.com – Pengetahuan dan pengenalan tanda atau rambu-rambu lalulintas, perlu kiranya dilakukan terutama kepada tentang anak usia dini terutama diwilayah Blitar.

Hal tersebut juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Blitar dan dari sumbangsih seorang pengusaha lokal untuk memulai dibangunnya taman edukasi lalulintas, di ruang terbuka hijau, taman Idaman yang berada diKecamatan Wlingi dua tahun yang lalu.

Ini disampaikan Pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar, melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian Nururochmi.SE
didampingi Dony Ristanto SH, Kasi Terminal diruang tunggu Dishub Kabupaten Blitar, yang berada diDandong, Kecamatan Srengat, Jumat siang (23/10/2020).

“Awalnya Pembangunan Taman Edukasi Lalu Lintas ini merupakan sumbangsih dari pengusaha putra Daerah Kabupaten Blitar yang peduli dengan keselamatan berlalu lintas,” terang Nururochmi.

Kembali Nururochmi mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Lingkungan Hidup menjadikan Ruang terbuka hijau (RTH) Taman Idaman Hati Wlingi, sebagai kawasan Go Green yang ramah lanjut usia, ramah anak dan ramah Disabilitas ditambah lagi menjadi kawasan wisata dan edukasi lalu lintas.

Taman edukasi lalulintas merupakan wahana bagi anak-anak untuk bermain sambil mengenal fasilitas kelengkapan jalan yang terdiri dari Rambu, marka, traffic light, pelica crossing dan lainnya. Anak-anak usia dini adalah usia yang tepat untuk
menanamkan kebiasaan tertib lalu lintas. Kesadaran ini diperkenalkan mulai usia dini dengan cara bermain. Salah satunya bermain ditaman edukasi lalu lintas untuk
memperkenalkan pengetahuan dan kesadaran berlalulintas. Sehingga pemahaman tersebut dapat terus terbawa sampai dia dewasa,” ungkap Nururochmi kepada media Beritaterbit.com.

Sedangkan untuk Taman Edukasi Lalu lintas ini, bertempat di ruang terbuka hijau (RTH) Taman Idaman Hati Wlingi. Taman Edukasi Lalu lintas ini diresmikan oleh Bupati Blitar pada tanggal 15 Desember 2018. Dari semenjak diresmikan itu sudah bisa dipakai oleh masyarakat. Dan Sudah beberapa kali ada kunjungan anak-anak TK dan SD bermain di Taman Lalu lintas.

“Selain rekreasi anak-anak bisa bermain dan belajar tertib lalu lintas. Sehingga anak-anak akan
terbiasa disiplin sejak dini hingga dewasa nanti, hal ini juga bertujuan setelah anak- anak disiplin sejak dini diharapkan, akan menekan angka kecelakaan lalu lintas teeutama bagi pelajar. Karena sampai dengan saat ini kecelakaan Lalulintas masih
didominasi oleh pelajar,” imbunya.

Pihak Dishub Kabupaten Blitar berharap hal yang baik seperti ini akan terus bertambah dengan munculnya taman edukasi lain diBlitar.

“Harapannya Taman Edukasi Lalu Lintas ini tidak hanya di Wlingi saja tapi bisa bertambah lagi dibeberapa tempat. Dan rencananya juga akan dibangun di RTH Kanigoro dan tempat-tempat lainya diKabupaten Blitar,” pungkasnya. (San/adf Kmf)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.