Rohidin Mersyah, Sosok Visioner Membawa Perubahan Bengkulu

Oleh : Dinno Budi Laksono, S.E., M.B.A. (IKAPMPBY)

 

Beritaterbit.com – Melihat dan mengamati pencapaian selama kepemimpinan Pak Gubernur Bengkulu yaitu Rohidin Mersyah, saya teringat mengenai penjelasan Peter Koestenbaum, Ph. D. tentang teori Leadership Diamond, aku menemukan empat unsur penting mengenai kepemimpinan,
1. Visi (Vision)
2. Keberanian (Courageness)
3. Jeli melihat realitas (Reality)
4. Menganut etika bisnis (Ethics).

Maksud dari teori tersebut adalah, pemimpin haruslah sosok yang berpikir terbuka, mampu melihat jauh kedepan. Tak hanya itu, pemimpin juga harus berani dalam melakukan perubahan meski ada penolakan bahkan konflik. Sosok pemimpin melakukan tugasnya dengan pertimbangan dan realistis, bukan pada gosip, bukan pula pada opini.
Seorang pemimpin paham mana ilusi dan mana fakta.

Pak Gubernur telah melakukan perubahan dan banyak pencapaian kemajuan dan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan Jalan Mukomuko-Kerinci, Seluma-Empat Lawang, Lebong-Merangin serta Kaur-Oku Selatan, penambahan rute penerbangan baru. Hal ini tentu merupakan suatu cara pemimpin dalam menggerakan perekonomian yang akan dinikmati oleh masyarakat.

Pak Rohidin begitu visioner, saya mewakili kaum muda sangat antusias dengan semangat beliau untuk melakukan penhembangan Terminal Curah Cair untuk Komoditi kelapa sawit dan Crude Palm Oil serta dilakukannya pembangunan Pabrik Minyak Goreng dan Kornel.
Bengkulu menjadi salah satu penghasil komoditi sawit tentu akan memberikan keuntungan bagi masyarakat, karena harga dapat meningkat dan tidak mengalami potongan harga.

Dari pencapaian tersebut saya melihat bahwa beliau merupakan sosok Leadership Diamond. Beliau berani keluar dari Comfort Zone, adaptif dalam merespon perubahan
Untuk Itu saya selaku anggota Ikatan Keluarga Alumni Pelajar dan Mahasiswa Provinsi Bengkulu Yogyakarta (IKA-PMPBY) dan saat ini diberi amanah menjadi ketua Korda untuk wilayah Mukomuko berharap Pak Rohidin dapat memenangkan kompetisi di Pilkada Gubernur dan melanjutkan periode kedua, agar perubahan demi kemajuan pembangunan ekonomi, infrastruktur, dan sosial terus dilakukan oleh beliau.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.