Ultah Ke-27 Lampung Barat dan Kado Terindah

Berita Terbit, Lampung Barat— Kabupaten Lampung Barat (Lambar),  kini genap berusia 27 Tahun, tepat 24 September 1991-2018 lalu.  Pembangunan terus bergulir. Hingga kini Kabupaten Lambar terus berupaya mensejajarkan diri dengan kabupaten yang ada  di Provinsi Lampung.

Perayaan HUT Lambar yang Ke-27, tentunya memiliki makna sendiri bagi Kabupaten Lampung Barat, karena merupakan tahun pertama bagi Bupati H Parosil Mabsus dan H Mad Hasnurin memimpin kabupaten yang  berjuluk  “Bumi Sekala Bkhak”  ini.

Rangkaian peringatan HUT  Lampung Barat berlangsung meriah dan menarik perhatian masyarakat. Berbagai kegiatan usai digelar. Mulai dari bakti sosial, perlombaan  hingga hiburan rakyat mendapatkan apresisasi.  Apalagi diawali dengan Liwa fair, sepeda santai,  jalan sehat yang di Lepas langsung  Bupati Parosil Mabsus,  pada Minggu (16/09/2018), dengan rute Tugu Ara Pasar Liwa – Finish Islamic Center Kawasan Sekuting Terpadu.  Termasuk kegiatan sosial donor darah, pawai mobil hias di Kecamatan Balik Bukit dan Adventure Trail di Kecamatan Suoh.

Pada  puncak acara pada hari  Minggu (30/09/2018) dilapangan Indrapati Cakra Negara, tampak  ribuan masyarakat  memadati lapangan.  Ini salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat  Lambar,  yaitu hiburan rakyat. Hadirnya  artis Ibukota Irvan dan Nita Thalia yang menggoyang masyarakat Lambar. Termasuk pesta Sakura Cakak Buah, yang selama ini menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Lambar.

Uniknya, disamping panggung utama, disediakan coffee corner 1000 cangkir kopi, yang disuguhkan secara gratis untuk masyarakat yang hadir, sebagai salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan konsumsi kopi masyarakat.  Seperti masyarakat tahu,  bahwa kopi Robusta Lambar telah menasional bahkan internasional. Seperti luwak yang merupakan kopi original yang mendunia.  Pada kesempatan itu juga, pemerintah juga menyiapkan doorprize seunit sepeda motor dan ratusan hadiah hiburan lainnya.

Bupati Lambar, H Parosil Mabsus mengatakan, resepsi peringatan HUT Lampung Barat Ke-27 ini,  selain merupakan momentum sebagai sarana instropeksi dan evaluasi,  juga sebagai hiburan bagi masyarakat Lampung Barat. “Selain itu, kita harus menjaga kehidupan yang kondusif di Lampung Barat, sebagai cerminan jiwa dan semangat kita dalam membangun kabupaten ini kedepan”, paparnya.

Bupati menghimbau dan mengajak seluruh aparat pemerintah maupun masyarakat Lambar pada umumnya, untuk meningkatkan rasa kebersamaan, saling menghargai. Itu sebagai wujud kesetiaan komitmen kita pada nilai persatuan dan kesatuan. “Karena,  hanya dengan persatuan dan kesatuan, kita akan mampu memberdayakan seluruh potensi dan kemampuan yang kita miliki. Baik sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya.

Sebagai kado terindah di HUT Lampung Barat ke-27 ini, telah diterimanya tanda daftar varietas kopi lokal Kabupaten Lampung Barat. Semoga setelah terdaftar,  dalam waktu yang tidak terlalu lama,  akan dilaksanakan pelepasan varietas kopi unggul lokal.  Ini tentu memberikan kepastian sumber benih kopi lokal,  yang dapat dikembangkan di Kabupaten Lampung Barat.

“Semoga peringatan HUT Lampung Barat Ke-27, yang puncaknya kita telah laksanakan, dapat dijadikan titik awal bagi kita, untuk meningkatkan kinerja dan prestasi, guna melanjutkan pembangunan yang telah kita laksanakan selama ini” jelas Bupati Parosil. (ADV/skr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.