4 Kali Sandang Gelar Nindya, Kota Sawahlunto Raih Penghargaan KLA Kategori Utama

Sawahlunto, beritaterbit.com – Kota Sawahlunto berhasil meraih kategori Utama pada penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2023.

Walikota (Wako) Sawahlunto Deri Asta menyampaikan penghargaan KLA kategori Utama itu menjadi pemuncak setelah selama empat kali berturut-turut memperoleh KLA kategori Nindya.

“Alhamdulillah, kemaren malam kami menerima penghargaan KLA kategori Utama tersebut secara langsung dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI ibu Bintang Puspayoga di Semarang,” kata Walikota Deri, Minggu (23/07).

Wako Deri Asta menyebut penghargaan kategori Utama itu adalah ‘buah’ atau apresiasi dari Pemerintah Pusat terhadap komitmen bersama Pemko Sawahlunto didukung masyarakat dan seluruh sektor lainnya dalam menciptakan Sawahlunto sebagai kota yang aman, nyaman dan baik dalam mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan anak.

“Tidak banyak daerah yang berhasil meningkat mencapai kategori Utama. Pada Tahun 2023 ini tercatat seluruh Indonesia hanya sebelas Kabupaten/Kota yang naik dari kategori Nindya ke utama,” kata Wako Deri Asta.

Deri Asta mengingatkan jajarannya serta masyarakat untuk tidak lengah dalam melindungi dan mendukung anak-anak meski telah sukses untuk meraih kategori Kota Layak Anak Utama.

“Kita di pemerintahan terus menjaga komitmen memberikan perlindungan dan bimbingan yang maksimal pada anak, sebab masa depan Sawahlunto itu kan berada di tangan para anak-anak ini. Tolong kita jangan lengah meski sudah dapat KLA Utama, sebab resiko atau ancaman bagi anak akan selalu ada jadi kita juga harus selalu waspada,” kata Wako Deri.

Perhatian dan perlindungan bagi anak di Sawahlunto menurut Wako Deri merupakan program prioritas sebab termasuk dalam misi Pemko Sawahlunto.

“Ada dalam Misi Pemko yang kemudian diterjemahkan dalam program prioritas dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” pungkas Deri.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.