Warga Miskin Pengidap Penyakit Gagal Ginjal Sudah Bertahun-Tahun Menangis Setelah Kepesertaan JKN-KIS nya Dicabut Pemerintah

Sidikalang, beritaterbit.com – Seorang warga miskin yang tinggal di rumah kontrakan ( rumah sewa ) di Jln. Nusa Indah Blok C Perumnas Simbara Permai Dusun VII Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi Tiodora Sihombing (39)  menangis dan menjerit histeris ketika dirinya mengetahui kepesertaan JKN – KIS dicabut pemerintah.

Tiodora Sihombing (39) di dampingi suaminya Ritcan Manullang (43) menuturkan kisah yang menyedihkan yang di alami nya Sabtu (4/7/20) yang terjadi pada hari Kamis (2/7/20) ketika dirinya ber obat ke salah satu dokter keluarganya yang merawat nya selama ber tahun-tahun di Jln. Ahmad Yani kota Sidikalang.

Tiodora yang sudah mengalami penyakit menahun yakni gagal ginjal yang sudah dialami selama 3 tahun dan suaminya Ritcan Manullang berharap penuh kepada Pemerintah agar keluarganya di masukkan kembali menjadi peserta JKN – KIS agar perawatan dan pengobatan penyakit yang dialaminya yang sudah berlangsung lama itu dapat tertolong dan di gratiskan.

Ritcan Manullang suami Tiodora Sihombing kepada wartawan mengutarakan harapannya itu dengan sedih juga menangis mengingat dirinya dan keluarganya begitu miskin dan sumber mata pencahariannya pun bekerja sebagai buruh tani.

Dianya mengakui untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya pun dia tidak tau lagi mau cari dari mana apalagi untuk mencari biaya perobatan istrinya
” jangankan untuk biaya perobatan istri saya biaya hidup keluarga ku pun sudah tak bisa lagi dapat ku penuhi apalagi di situasi sulit ini tidak ada lagi orang yang membutuhkan jasa tenaga tani, sebab saya hanya berkerja serabutan buruh tani belum lagi biaya perobatan istri saya yang sudah kondisi kronis, saya ngutang sana ngutang sini hingga tidak bisa saya bayarkan ” di ucap Ritcan sedih.

Ritcan mengaku selama ini sudah berjuang membawa istrinya Tiodora Sihombing (39) kemana – mana berobat tetapi tidak kunjung sembuh, Ritcan hanya pasrah kepada sang Kuasa agar dirinya dan keluarga di berikan kekuatan menerima keadaannya sebab Ritcan juga mengaku menghadapi situasi dan kondisi keluarganya kerab putus asa.

Kini kondisi istrinya hanya bisa terbaring menahan penyakitnya yang menyebabkan seluruh tubuhnya mengalami pembengkakan selain penyakit gagal ginjal yang di alami istrinya juga ada di tulang belakang pinggul mengalami kebocoran dan menimbulkan aroma tidak sedap.

Disamping kerab ia putus asa menghadapi situasi yang di alami keluarganya dengan kondisi penyakit istrinya yang sudah kronis, dia hanya berharap bantuan dari sejumlah pihak terutama Pemerintah.

Pantauan wartawan di rumah tinggal Ritcan yang berukuran kecil itu kondisi nya sangat memprihatinkan. (JULIUS).

Keterangan Foto : Tiodora Sihombing (39) di dampingi suaminya Ritcan Manullang (43) warga Jln. Nusa Indah Blok C Perumnas Simbara Permai Dusun VII Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi berupaya berdiri tegar menahan sakit yang terlihat lemas dan pucat dan tubuh nya mengalami pembengkakan dan kondisi rumahnya juga sangat memprihatinkan. Sidikalang Sabtu (4/7/20) foto dok JULIUS

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.