Begini Sinergitas Pemprov dan Dinkes Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Bengkulu,BeritaTerbit.com Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melalui Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengatakan program Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas) merupakan salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
“Sebagai komitmen pemprov telah mengeluarkan surat edaran gubernur  agar menindaklanjuti instruksi presiden tentang Germas dan mengambil langkah sesuai tugas dan fungsi kewenangan masing2 untuk mewujudkan keeratan masyarakat agar hidup sehat,” kata Nopian Andusti dalam sambutannya pada acara Pertemuan Penggerakan Program Pembinaan Kesehatan Masyarakat Tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019 di Hotel Madeline, Bengkulu, Rabu (24/4/2019).
Terkait Germas Hidup Sehat, lanjut Nopian Andusti, Provinsi Bengkulu sudah berinovasi dengan mengambil langkah program Senam Germas Bengkulu yang telah dilombakan dan berhasil menorehkan prestasi dengan meraih rekor MURI peserta terbanyak.
“Yang lebih utama adalah implementasinya yang dapat dilaksanakan sehingga berdampak pada derajat kesehatan,” sambungnya.
Lebih dalam, dikatakan Nopian Andusti keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kesinambungan integrasi dan sinergi antar upaya program serta penguatan perencanaan sehingga upaya pencapaian target kesehatan nasional berjalan efektif.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengatakan sejauh ini pihaknya telah bersinergi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di provinsi Bengkulu dengan mengadakan berbagai kegiatan guna meningkatkan kolaborasi antara pusat,  provinsi,  dan kabupaten kota untuk mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik.
“Kegiatan pergerakan program pembinaan, sudah dimulai sejak tanggal 23 kemarin hingga tanggal 26 April nanti dengan jumlah 80 orang peserta. Ini sebagai bentuk upaya kami dalam mengadopsi dan menindaklanjuti kegiatan Rakontek bidang Kesmas Kementerian Kesehatan RI. Dan sebagai upaya memotivasi dan meningkatkan pelaksanaan dan capaian program kesehatan masyarakat kami melakukan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja kabupaten/kota untuk tahun 2018,” pungkasnya.(Gm)
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.