Tanggul Penahan Air Kembali Amblas, Warga Sumberurip Bekasi Khawatir Akan Ada Banjir

Bekasi, beritaterbit.com – Tanggul penahan air di Kampung Babakan Banten RT 05 RW 03 Desa Sumberurip Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi kembali amblas paska banjir, padahal sudah beberapa kali diperbaiki oleh warga secara swadaya.

Derasnya aliran sungai akibat intensitas hujan yang tinggi membuat debit air di aliran sungai tersebut meninggi pada Sabtu (13/02/2021), dan mengakibatkan tanggul darurat hasil swadaya warga sekitar diperkirakan amblas setinggi satu meter dan panjang 150 meter lebih.

Syarif Hidayatullah tokoh pemuda di lingkungan tersebut, mengatakan tanggul tersebut sudah beberapa kali dicek oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum tapi sampai saat ini belum ada realisasi perbaikan tanggul.

“Kalau sampai air meluap, bukan hanya satu desa saja yang terkena dampaknya, kalau air sungai sampai meluap tidak tertahan tanggul kemungkinan kalau saat ini bisa merendam sampai dua wilayah kecamatan,” ujar Syarif, Minggu (14/02/2021).

Saat ini masyarakat di sekitaran lokasi tanggul yang amblas ini berharap pemerintah dari bidang terkait agar cepat merespon adanya keluhan dari warga soal tanggul yang tak kunjung diperbaiki tersebut.

“Ini bukan lagi harus ditangani dengan mengandalkan kerja bakti dan swadaya masyarakat, ini sudah harus dilakukan oleh alat berat karena sudah sewajarnya menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah kabupaten di bidangnya, Jajang Sujai Kepala desa setempat juga sudah berkirim surat ke pihak BBWS namun tak ada tanggapan,” pungkasnya. (A.N)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.