Tahun 2022, Kasus Kriminal Menurun di Bireuen

Bireuen, Beritaterbit.com – Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK dalam acara jumpa pers akhir tahun, Jumat (30/12) di Lobi Polres Bireuen mengatakan, berbagai kasus kriminal menurun dibanding tahun 2021 yang lalu. Namun ada juga kasus yang meningkat tahun 2022 namun secara kwantitatif menurun.

Dalam pertemuan dengan sejumlah wartawan media cetak dan online, Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wiralraja SIK didampingi Waka Polres Kompol Muhammad Ryan Citra Yudha, Kasat Narkoba Iptu Iskandar SE, MSM dan Kasat Lantas Iptu Fachruddin SH.

Secara transparan Kapolres menyebutkan setiap kasus perkasus tahun 2021 dan 2022. Dari sejumlah kasus yang menonjol diantaranya Pembunuhan terhadap Pensiunan TNI Syarifuddin Bin Usman di Desa Paya Cut Kecamatan Peusangan yang dilakukan tersangka Zul (45) menantunya pada tanggal 31 Januari 2022 sekitar pukul 12.40.

Kemudian pembunuhan di Desa Bugak Masjid, pencurian uang nasabah lintas provinsi, judi online, pencurian kendaraan bermotor, pembuangan bayi baru lahir dalam sumur mandi di Desa Ceubrek Kecamatan Peusangan Selatan, penyalahgunaan senjata api ilegal di Desa Meuse Kecamatan Kuta Blang oleh AR dan ZM sudah status tahap 2 (P21). Lalu pemusnahan barang haram Narkotika jenis sabu seberat 4,6 kg yang telah dilakukan di halaman Polres.

Ditambahkan Kasat Narkoba Iptu Iskandar SE, MSM bahwa pihaknya setiap saat terus memantau gelagat yang mencurigakan tentang peredaran, penjualan dan pemakian narkoba. Maka pihak kepolisian berharap kepada semua pihak dan masyarakat membantu memberitahu untuk kita basmi jaringan narkotika dan narkoba.

Selanjutnya Kapolres menyampaikan tentang pelanggaran lalu lintas berupa tabrakan kendaraan, tabrak lari, tersenggol, terjatuh. Sehingga ada korban meninggal, luka parah, ringan. Tak dapat dipungkiri kasus laka lantas terjadi karena kelalaian pengendara dan kurang peduli rambu-rambu lalu lintas. Maka pihak Polres minta untuk perbaikan jalan yang rusak guna dapat menghindari korban laka di jalan raya.

Kemudian kasus lainnya berupa pencurian, penganiayaan, penggelapan, pencemaran nama baik, penadahan, penodongan, penyerobotan tanah, KDRT, pemerkosaan, pencabulan, maisir dan penganiayaan anak. Dari sejumlah kasus, 109 telah diselesaikan dengan Restorative Justice. Ini berkas perkara dikembalikan ke Pemerintah Desa bila kasus tersebut dapat diselesaikan secara damai sesuai dengan peradilan adat gampong terhadap 18 perkara ringan.

Kapolres menambahkan bahwa dalam pengamanan Natal dan malam Tahun Baru serentak di jajaran Kepolisian Daerah Aceh dilaksanakan operasi Lilin. Polres Bireuen melibatkan 150 personil termasuk dari Den Pom, ditambah 4 personil dari Polsek. Juga karena masa liburan sekolah tentu banyak yang pergi wusata ke puncak dan pantai.

Pihak Polres menghimbau agar dipasang pembatas daerah pemandian untuk menghindari korban di laut. Demikian juga jalan negara arah ke Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah telah dipasang pemberitahuan hati-hati jalan longsor, tikungan berbahaya dan gambar seperti petugas Polisi lalu lintas sedang berada di jalan.

Demikian rasa kepedulian Kapolres Bireuen untuk menghindari kecelakaan, musibah menghadapi akhir tahun 2022 dan menyambut tahun baru 2023. (Faiz)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.