Srikandi DiBalik Berdirinya Kampung Tangguh Dusun Kranggan, Desa Pojok Kec Garum Kab Blitar

Blitar, beritaterbit.com – Kampung tangguh saat ini memang menjadi andalan dari pemerintah khususnya Provinsi Jawa Timur bekerja sam dengan Polda Jatim dan jajaranya guna memutus mata rantai penyebaran virus dan memaksimalkan kinerja masyarakat untuk bergotong royong dalam bidang kesehatan, ekonomi juga keamanan yang diawali dari lingkungan sekitar.

Hal tersebut juga sudah mulai dilakukan dikabupaten Blitar, diawali dari percontohan untuk Kampung Tangguh Semeru dibeberapa desa dan diharapan diseluruh desa dan kelurahan se – Kabupaten Blitar agar bisa menjalankan program ini, demi terciptanya keamanan, sosial ekonomi juga kesehatan dengan baik bagi masyarakat, terlebih lagi bisa memutus penyebaran covid-19 yang saat ini tengah melanda negara Indonesia tercinta.

Seperti halnya Dusun Kranggan Desa Pojok, Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, yang saat ini ditunjuk untuk mewakili Kecamatan Garum dalam lomba Kampung Tangguh Semeru yang diadakan oleh Polres Blitar dalam rangka HUT Bhayangkara. Dan selanjutnya juga sebagai contoh bagi daerah lain terutama di wilayah Kecamatan Garum.

Dibalik terbentuknya Kampung Tangguh Semeru Dusun Kranggan, Desa Slorok ini, selain kepatuhan dan kekompakan warganya dalam melaksanakan program Kamtibmas dan terjalinya gotong royong serta kedisiplinan dalam meminimalisir penyebaran virus covid-19 yang sangat meresahkan ini, ada Sosok Srikandi yang dengan gigih terjun langsung untuk memimpin dan menjadi panutan masyarakat. Sosok tersebut tak lain adalah Tarwiyah Kepala Desa Perempuan yang dimiliki oleh Desa Pojok, Kecamatan Garum.

Menurut Tarwiyah, dengan ditinjaunya Kampung Tangguh Dusun Kranggan ini sangat membanggakan bagi kami dan sangat membantu, agar nantinya bisa sebagai motivasi dan pelopor untuk kampung tangguh bagi dusun atau daerah – daerah yang lain. Rabu (10/06/2020).

“Dengan hadirnya tinjaun dari Pemda Blitar sangat membanggakan sekali bagi kami, sehingga banyak harapan yang bisa kita sampaikan dengan keberadaan Kampung Tangguh Semeru diDusun Kranggan ini. Harapan kami nantinya bisa menjadi percontohan dan pelopor bagi kampung yang lain. Karena kegiatan ini masih secara murni gotong royong dari masyarakat dan dengan kunjungan dari berbagai pihak ini nantinya akan ada bantuan yang bisa untuk menciptakan keberadaan kampung tangguh ini semakin mantap,” terang Kades berhijab ini.

Khusus untuk Kampung Tangguh Dusun Kranggan ini memang sudah berjalan, terutama bagi kedisiplinan masyarakatnya yang dengan suka rela dan sadar secara rutin saking menginformasikan untuk pakai masker dan secara rutin berpatroli menjaga keamanan lingkungan.

” Kami juga punya C2K yang beranggotakan sekitar 40 orang yang secara rutin untuk bergantian berpatroli menjaga keamanan kampung dan memantau dan menginformasikan setiap perkembangan selama 24 jam. Alkhamdulilah sampai sekarang desa kami aman dan kesehatan masyarakat ditengah pandemi ini sangat baik, desa kami saat ini untuk PDP dan ODP nol, ini semua karena disiplin dan pro aktifnya dari warga masyarakat yang bekerja sama dengan bidan dan perangkat desa , bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam memantau setiap pemudik yang datang agar segera terpantau kesehatanya untuk selanjutnya dikarantina ditingkat desa ataupun menjalani isolasi mandiri secara benar,” ungkap Tarwiyah.

Ditemui ditempat yang sama Camat Garum, Anindya Putra menyampaikan dibentuknya Kampung Tangguh Semeru ini adalah Program dari Pemda Blitar dan sesui dengan Himbaun dari Gubernur Jawa Timur, untuk membentuk kampung tangguh bencana disetiap desa dan Kecamatan, guna memutus penyebaran Covid-19 dan demi terciptanya stabilitas ekonomi dan keamanan.

“Untuk kecamatan Garum Kampung Tangguh diadakan disetiap desa dan kelurahan, Namun menunjuk Dusun Kranggan Desa Pojok ini untuk selanjutnya mewakili Kecamatan dalam lomba Kampung Tangguh dalam rangka HUT Bhayangkara Polres Blitar. Program kampung tangguh ini melibatkan semua elemen masyarakat dengan lebih meningkatkan kegotong royongan bagi warga,” jelas Camat Garum.

Camat yang akrab disapa Anin ini menambahkan, pihak Kecamatan Garum sangat mendukung dan mensuport sekali dengan keberadaan kampung tangguh ini demi kepentingan kita bersama.

“Demi masyarakat dengan situasi pandemi ini masyarakat tidak resah sehingga ekonomi masyarakat terus berjalan, dan dengan program Kampung tangguh ini masyarakat lebih disiplin dan semakin termotivasi dalam kehidupan bergotong royong, dan bisa tercipta stabilitas keamanan, dan kesehatan serta meningkatnya sektor ekonomi dimasyarakat, jadi Kampung tangguh ini sendiri agar kita semuanya bisa tetap tangguh baik dalam bencaba, ekonomi dan kesehatan,” pungkas Anin.(San)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.