Penjual Sapi Menjelang Qurban Mengalami Kenaikan Permintaan

Nganjuk, Beritaterbit.com – Menjelang Idul Adha 2023 banyak orang mulai mencari sapi beserta harganya untuk disumbangkan sebagai hewan kurban di tahun ini. Berikut harga yang diperoleh dari pedagang sapi kurban di Kabupaten Nganjuk.

Di pasaran, harga jual sapi bermacam-macam. Pedagang menjualnya berdasarkan jenis dan bobot sapi kurban itu sendiri. Seorang pedagang sapi kurban di Nganjuk bernama Sumarno menjelaskan, ia menjual sapi kurban untuk dipasarkan ke wilayah Nganjuk dan Kediri serta sekitarnya dengan harga bervariasi.

“Harga sebenarnya dipengaruhi juga dari bobot atau jenis sapi itu. Kalau saya di sini, saya jual sapi jenis Brahman dengan harga Rp 23-35 juta,” kata Sumarno, Selasa (13/6/2023).

Adapun berat sapi yang dijual pedagang sapi kurban itu mulai dari 80 sampai 100 kilogram setiap ekornya dengan jenis Brahman. Sumarno juga mengatakan bahwa masyakarat umum di Kota Nganjuk banyak menyukai sapi dengan jenis Brahman.

Kandang sapi milik Sumarno sekitar ratusan sapi siap untuk dijual sebagai daging kurban juga kambing. (Gendro/Beritaterbit.com)

“Kalau jenis sapi Brahman ada sekitar berat 80 sampai 100 kilogram. Dengan berat segitu biasanya harganya Rp 23-35 juta. Harga itu bervariasi di setiap penjual sapi kurban di Nganjuk,” ujarnya.

Sumarno juga mengatakan bahwa penjualan sapi kurban pada tahun ini juga mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun lalu saat diserang penyakit mulut dan kuku. Sumarno menjelaskan, harga yang dipatok itu mengikuti harga pasaran sapi kurban di Kota Nganjuk.

“Kalau penjualan sapi kurban tahun ini ada peningkatan. Ditanya soal harga tahun lalu dan tahun ini, ada peningkatan namun nggak terlalu tinggi naik harganya. Tahun lalu kan ada PMK itu, jadi ada penurunan harga,” tutur Sumarno.

Reporter: Gendro

Editor: Melinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.