Pemkab Mojokerto Beri Bantuan 5.000 Kg Benih Padi Untuk Poktan Terdampak Banjir Di Tiga Kecamatan

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Pemerintah Kabupaten Mojokerto memberikan bantuan 5.000 kg benih padi bagi para kelompok tani (poktan) di tiga kecamatan terdampak banjir. Antara lain Kecamatan Mojosari, Pungging dan Bangsal.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati didampingi Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Nurul Istiqomah, Sabtu (6/4/2024) di Balai Desa Kedunggempol Mojosari.

“Untuk mencapai hasil tani yang bagus, sebenarnya ada di benihnya. Pertanian menempati posisi ke-3 dari lapangan kerja di Kabupaten Mojokerto. Maka dari itu kita harus perhatikan. Mulai dari tanah, benih, pengairan, hingga bagaimana menjaga harga gabah tidak anjlok. Kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sebagai salah satu usaha peningkatan hasil pangan terutama beras,” kata Bupati Ikfina dalam sambutannya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian Nurul Istiqomah dalam laporan merinci jenis benih padi beserta jumlah poktan penerima. Benih padi yang diberikan adalah jenis unggul varietas Inpari 32 dengan total luas 200 hektar atau sama dengan 25 kilogram benih/hektar.

Rincian penerimanya diantaranya, Pertama, Kecamatan Mojosari (7 poktan/119 Hektar) yakni Desa Kedunggempol, Poktan Tani Mulyo, Tani Rukun dan Tani Jaya, Desa Jotangan, Poktan Sumber Rejeki dan Sumber Lestari, Desa Randubango, Poktan Rukun Tani dan Margo Tani. Kedua, Kecamatan Pungging (2 poktan/51 Hektar) yakni Desa Ngrame, Poktan Tirto Kenongo dan Tirto Rame, Ketiga, Kecamatan Bangsal (1 poktan/30 Hektar), Desa Mejoyo, Poktan Tani Mulyo.

Nurul juga berharap agar bantuan ini membawa dampak yang baik untuk perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Mojokerto.

“Bantuan kali ini dari APBD kabupaten. Sedangkan yang dari provinsi sudah terealisasi namun tidak kita simboliskan di sini. Nanti juga anggaran benih dari APBN akan diberikan sekitar akhir April sesuai usulan. Semoga bantuan-bantuan ini dapat meningkatkan hasil panen,” harapnya.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.