Pelantikan PPS Pilkada Kab Blitar Oleh Ketua KPU Hadi Santosa Dihadiri Bupati dan Forkompimda

Blitar, beritaterbit.com – Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Blitar, di Ruang Perdana Kantor Bupati Blitar lama, Jalan Sudanco Supriyadi, Kota Blitar, Dihadiri langsung oleh Bupati Blitar, Rijanto. Senin (15/6/2020).

Hadir juga pada pelantikan tersebut, Ketua DPRD Kabuparen Blitar, Suwito, Kapolres Kota Blitar, Leonard Sinambela, Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahuddin, Ketua KPU, Hadi Santosa dan anggota komisioner KPU Kabupaten Blitar serta beberapa ketua PPS yang mewakili pelantikan.

Dengan terbitnya PKPU No 5 Tahun 2020 telah mengamanatkan KPU di daerah, untuk melanjutkan tahapan Pilkada serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu Bupati Blitar, Rijanto selaku kepala daerah yang bertanggungjawab terhadap keselamatan warganya, meminta pelaksanaan tahapan Pilkada wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sampai di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bupati Rijanto Mengatakan, Pilkada serentak 2020 pada saat pandemi Covid-19 jadi tantangan tersendiri, karena harus berkualitas dan berintegritas. “Serta yang paling penting penyelenggaran Pilkada harus profesional, menjaga netralitas, independensi dan mematuhi protokol kesehatan,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini.

Kembali Bupati Rijanto menegaskan, agar seluruh yang terlibat dalam tahapan Pilkada serentak yang sudah ditetapkan 9 Desember 2020, mulai dari KPU, PPK, PPS sampai KPPS. Termasuk Bawaslu, Panwascam, Pengawas Tingkat Desa/Kelurahan dan PTPS semuanya harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan. “Karena semuanya harus siap menjalankan New Normal Life yaitu tatanan kehidupan baru yang sehat dan terhindar dari Covid-19 tapi tetap produktif,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa dalam sambutan usai melantik dan pengambilan sumpah 744 orang PPS dengan masa kerja terhitung 15 juni – 31 Jan 2021 ini menyampaikan dengan dimulainya kembali tahapan Pilkada serentak 2020, pada 15 Juni ini ditandai dengan pengaktifan kembali petugas adhoc PPK sejak hari ini. “Termasuk melaksanakan pelantikan PPS, Sekretariat PPS, pembentukan PPDP dan Coklit data pemilih,” kata Hadi.

 

Hadi mengungkapkan seluruh tahapan Pilkada harus memperhatikan protokol kesehatan, jagan sampai menjadi penambah kasus positif Virus Corona (Covid-19). “Harus bisa membalik opini, jika Pilkada serentak digelar sekarang akan menambah kasus Covid-19,” ungkapnya.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso menambahkan, seluruh petugas penyelenggara Pemilukada disemua tingkatan, harus menjadi pelopor pelaksana tahapan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dimulai dari TPS sampai ke PPS dan seterusnya.“Sehingga pelaksanaan di tingkat desa sampai ke atas dapat berjalan dengan baik dan sukses yang tentunya dengan didukung adanya koordinasi yang baik dengan stage holder setempat, ” pungkas Hadi. (San)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.