Pastikan Keamanan Pemilu 2024, Bupati Eka Putra Sambangi Sejumlah TPS di Tanah Datar

Tanah Datar, beritaterbit.com – Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang berlangsung Rabu (14/02), dimana dalam Pemilu tersebut akan dipilih Calon-Calon Pemimpin dan Wakil Rakyat yang terdiri dari Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwalian Daerah (DPD RI), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD Tingkat I) dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota (DPRD Tingkat ll).

Pemilu 14 Februari 2024 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia tidak terkecuali di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Pemilu ini juga dilaksanakan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Luar Negeri.

Untuk memastikan Pemilu aman, damai dan berjalan lancar, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM usai menggunakan Hak Pilih di TPS 35 yang berada di Jorong Diponegoro, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum, langsung bersafari menyambangi sejumlah TPS yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Eka Putra datang bersama Istri Ny. Lise Eka Putra pada pukul 09.30 WIB, langsung menuju meja pendaftaran dan selanjutnya untuk menunggu giliran melaksanakan proses pencoblosan di bilik suara.

Tak lama kemudian, lebih kurang setelah menunggu sekitar 5 menit, Bupati Eka dan Ny. Lise dipanggil petugas dan melaksanakan pencoblosan, dilanjutkan dengan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara. tak lupa Bupati Eka Putra beserta Istri juga mencelupkan jarinya ke tinta sebagai tanda sudah memberikan hak pilih.

“Ini hari yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu tahun 2024. Saya mengajak warga mendatangi TPS sehingga pemimpin yang akan terpilih nanti betul-betul hasil dari suara masyarakat,” ucapnya usai memberikan hak pilihnya di TPS 35 Baringin.

Bupati Eka Putra juga mengaku bersyukur, karena telah selesai memberikan hak pilihnya sebagai Warga Negara Indonesia.

“Alhamdulillah, saya dan istri telah selesai menggunakan hak pilih. Semoga proses pemungutan suara hingga penghitungan suara nanti berjalan lancar dan masyarakat bergembira dengan pelaksanaan pesta demokrasi ini,” tambahnya.

Bupati Eka juga tak lupa memberikan semangat dan motivasi kepada Petugas yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, diantaranya: Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang merupakan ujung tombak pelaksanan Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Petugas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten, Pengawas TPS (PTPS), Saksi serta seluruh Petugas yang mengamankan jalannya Pemilu 2024.

“Terima kasih, selamat bertugas dan jaga kesehatan. Apabila terjadi hal yang tak terduga kami Panitia Kabupaten siap untuk membantu. Posko Pemilu Kabupaten ada di Gedung TP PKK dan Tenaga Kesehatan juga sudah disiapkan,” imbuhnya.

Setelah dirasa cukup berinteraksi dengan para Petugas TPS dan Saksi, Bupati juga menyempatkan waktu untuk menyapa dan melayani warga yang meminta foto bersama kemudian meninggalkan TPS dan selanjutnya langsung ke posko untuk melanjutkan memimpin Pemantauan Pemilu 2024 ke sejumlah TPS yang ada di Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan pemantauan dimulai dari titik kumpul pemantauan di kediaman Rumah Dinas Bupati Gedung Indojolito Batusangkar lalu bergerak ke beberapa TPS.

Diantaranya TPS yang dikunjungi adalah di Jorong Simpuruik, Nagari Gurun, Nagari Cubadak, Nagari Simabua, Kubu Karambia, Pitalah, Batu Taba, dan kembali ke Posko Utama.

Pada kunjungan tersebut, Bupati memastikan keamanan dan kesiapan petugas dalam menjalankan tugasnya pada Pemilu 2024.

Ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait pelaksanaan Pemilu 2024, Jum’at (16/02), Bupati Eka Putra mengatakan Pemilihan Umum tahun 2024 ini merupakan Pesta Demokrasi 5 tahunan untuk memilih Pemimpin dan Wakil-Wakil rakyat yang nantinya diharapkan dapat membawa perubahan kepada tatanan kehidupan bangsa dan masyarakat Indonesia ke arah yang lebih baik lagi sesuai dengan cita-cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Pemerintah Daerah bersama KPUD Kabupaten serta seluruh steak holder telah berupaya untuk melaksanakan Pemilu di Kabupaten tanah Datar ini dengan baik, aman, damai sesuai Asas Pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil). Kita wujudkan Pemilu di Tanah Datar ini ‘Pemilu Badunsanak’. Semoga hasilnya sesuai dengan cita-cita dan harapan masyarakat,” ujar Eka Putra.

Bupati Eka juga berharap apapun nantinya hasil Pemilu yang diputuskan semoga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik, khususnya untuk Kabupaten Tanah Datar.

“Saya ucapkan selamat kepada Pemimpin dan Wakil-Wakil Rakyat yang terpilih, semoga amanah dan bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, mengutamakan kepentingan rakyat dan pembangunan daerahnya,” pungkas Eka Putra.

Dalam melaksanakan peninjauan TPS tersebut, Bupati Eka Putra didampingi Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K, Dandim 0307 Letkol CZI Sutrisno serta sejumlah pejabat lainnya. (Adv)

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.