MTQ Santri Antar Balai Pengajian Pulo Ara Geudong Teungoh

Bireuen, Beritaterbit.com – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Santri Balai Pengajian di Dusun dalam Gampong (Desa-red) Pulo Ara Geudong Teungoh, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen Senin, 15 November 2021 dimulai.

Prosesi kegiatan penyelenggaraan MTQ yang tersebut dibuka dengan resmi oleh Keuchik Ridwan Aziz,SH di Meunasah gampoeng tersebut terlaksana atas kerjasama yang baik dan terpadu masyarakat Pulo ara Geudong teungoh.

Keuchik Ridwan Aziz,SH dalam pengantar sambutannya menyebut, penyelengaraan MTQ antar santri Balai Pengajian di Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh rutinitas dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian menyemarakkan peringatan Maulid memperingati hari lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW.

Pelaksanaan rutinitas setiap tahunnya MTQ antar santri diikuti kisaran 7 Balai Pengajian yang ada di empat dusun dalam gampong Pulo Ara Geudong Teungoh yaitu Dusun Damai, Dusun Sejahtera, Dusun Bahagia dan Dusun Geudong Teungoh.

Pak Keuchik Ridwan Aziz,SH menjelaskan bahwa prosesi penyelenggaraan MTQ bertujuan untuk melahirkan generasi Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh sejak dini menjadi generasi yang Qur’ani sekaligus menjadi generasi yang berakhlaqul karimah.

Selain itu kata Pak Keuchik, untuk melatih mental generasi penerus dan pewaris bangsa sejak dini terbina sehingga berguna bagi agama, nusa dan bangsa dimasa kini dank e depan yang lebih baik.

Pada kesempatan itu, Ridwan Aziz mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi terhadap Pimpinan Balai Pengajian yang telah berperan aktif membina pengajian ilmu Agama Islam kepada putera-puteri warga Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh demi menjadi generasi yang Islami.

Dan tak lupa pula Pak Keuchik mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para orang tua yang sangat antusias dalam mendidik putera-puterinya dibidang pendidikan umum dan pendidikan agama melalui Balai-Balai Pengajian yang ada di dusun-dusun dalam Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh.

“Saya berharap kepada para santri agar dapat mengikuti perlombaan MTQ dengan baik sehingga Gampong menginventarisir kader-kader yang handal untuk mengikuti MTQ tingkat Desa, Kecamatan , Kabupaten dan Provinsi nantinya.” Sebut Pak Keuchik.

Sementara penyelengaraan MTQ antar santri Balai Pengajian diikuti puluhan peserta dari sejumlah kafilah Balai Pengajian Dusun Damai, Dusun Bahagia, Dusun Sejahtera dan Dusun Geudong Teungoh.

Dalam pengamatan media ini memperoleh informasi ada beberapa cabang-cabang yang diperlombakan, Cabang Tilawah tingkat remaja putera-puteri , Tahfid Qur’an kanak-kanak putera-puteri, cabang Pidato tingkat remaja putera-puteri, cabang Azan kanak-kanak putera dan Cabang Fardhu Kifayah dan Fahmil Qur’an.

Dalam situasi dan kondisi agak hujan rintik-rintik pelaksanaan pembukaan MTQ antar santri Balai Pengajian Desa Pulo Ara Geudong Teungoh diakhiri dengan pembacaan doa disampaikan Imam Pulo Ara Tgk Ulil Amri. (NURDIN / HERA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.