Menyambut Idul Fitri 1443 H, Polres Tanah Datar Gelar Operasi Ketupat Singgalang 2022

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Dalam rangka menyambut dan mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kepolisian Resort (Polres Tanah Datar) menggelar Operasi Ketupat Singgalang 2022.Upacara Gelar Pasukan dilaksanakan Jum’at pagi (22/04/2022) di lapangan Istano Pagaruyung, Batusangkar.

Sebelum Upacara silaksanaka dilakukan pemeriksaan kesiapan pasukan oleh Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si.

Dalam Operasi Ketupat Singgalang 2022 dengan tema “Apel Gelar Operasi ‘Ketupat-2022’ Wujud Sinergi Polri dengan Instansi Terkait untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022” ini melibatkan 167 personil.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Kapolres katakan, Pemerintah telah menetapkan hari libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022. Sementara cuti bersama pada tanggal 29 April, 4- 6 Mei 2022.

Kapolres juga sampaikan, pada tahun ini Pemerintah juga telah memberikan kelonggaran-kelonggaran untuk merayakan dan berkumpul di hari Raya Idul Fitri dan juga memperbolehkan mudik lebaran dan tidak adanya penyekatan-penyetakan di jalur-jalur masyarakat yang melaksanakan mudik.

Untuk itu Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat 2022” yang akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April sampai 09 Mei 2022 dengan obyek pengamanan sebanyak 101.700 yang terdiri dari masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun Kereta Api serta Bandara.

Kapolres katakan operasi ini melibatkan 141.392 personil pengamanan di seluruh Indonesia yang terdiri 87.880 personil Polri, 13.287 personil TNI, 443.225 personil dari instansi berkait, yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Damkar, Linmas, Senkom dan Instansi lainnya, dimana kekuatan personil tersebut akan bertugas di Pos Pengamanan 1.710, Pos Pelayanan 734 dan Pos Terpadu 258 .

Sementara Polri juga akan melakukan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD) sebelum lebaran yaitu pada tanggal 14 s/d 27 aapril 2022 dalam rangka Cipta Kondisi Sebelum Operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, petasan, narkoba dan lain-lain yang dianggap mengganggu kenyamanan masyarakat.

Sementara KRYD akan dilanjutkan kembali pasca Idul Fitri 10 s/d 17 Mei 2022 untuk mengantisipasi arus balik yang mungkin masih terjadi serta penanganan Covid-19.

Kapolri berharap agar selama melaksanakan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

Di akhir amanatnya, Kapolres Ruly menyampaikan beberapa pesan Kapolri yang harus dipedomani guna keberhasilan Operasi Ketupat 2022 diantaranya: menjaga stamina, kesehatan mental dan fisik, deteksi dini terhadap fenomena dan dinamika yang berkembang, lakukan pengamanan secara profesional dan humanis, gelar kekuatan pad titik rawan kriminalitas, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Satgas Covid-19, cegah kerumunan, bantu Pemerintah memastikan ketersediaan bahan pokok dan selalu memantapkan kerjasama, koordinasi, solidaritas dan satukan visi dan tujuan.

Upacara diakhiri dengan Pemasangan Pita oleh Kapolres Tanah Datar, secara simbolis kepada 4 Perwakilan Personil sebagai tanda kesiapan personil Operaai Ketupat 2022.

Usai upacara juga dilakukan pemusnahan Barang Bukti hasil operasi/razia Personel Polres tanah Datar berupa petasan yang dilakukan langsung oleh jajaran Forkopimda Tanah Datar.(MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.