Keuchik Fakhrial Geudong-Geudong Buka Musrenbangdes Tahun 2022

Bireuen, Beritaterbit.com – Keuchik Fakhrial Gampong Geudong-Geudong membuka dengan resmi pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun 2022 di Meunasah setempat, Minggu 14 November 2021.

Pelaksanaan Musrenbangdes yang merupakan Forum perencanaan (program) yang dilaksanakan lembaga publik dalam hal ini pemerintah desa, bersama Peutuha Peut, warga masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya alhamdulillah khidmad dan memadukan berbagai progam.

Keuchik Gampong Geudong-Geudong Fakhrial dalam pengantar sambutannya mengharapkan agar Musrenbang yang dilaksanakan itu harus bermakna, dalam artian mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran.

Sementara Peutuha Tuha Peut Gampong Geudong-Geudong Drs H Suherman Amin menjelaskan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan kegiatan yang sangat diprioritaskan sebagai media aspirasi yang bertujuan untuk memajukan desa ke arah yang lebih baik.

Oleh karena itu, pemerintah desa sebagai media komunikasi dan konsultasi program pembangunan memiliki peran penting dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata dengan adanya pembangunan yang diprioritaskan.

“Musrenbangdes merupakan tahapan pemula dalam perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan. Makanya mari kita jadikan Musrenbangdes ini sebagai media aspirasi, wadah/ladang pendapat, sehingga dapat menghasilkan skala prioritasmbangunan, agar nantinya pembangunan yang akan dilaksanakan tepat sasaran,” paparnya.

Sementara usulan penetapan pelaksanaan kegiatan pembangunan 2022 yang menjadi acuan perencanaan dipaparkan dengan lugas oleh masing-masing Kepala Dusun (Kadus) dengan rekapitulasi hasil usulan masyarakat yaitu Mansur Apacut (Kutatrieng), Teungku Azmi (Puso Lawah) dan Bang Din ( Dusun Sagoe).

Sementara dalam kesempatan forum tanya jawab yang langsung dipimpin Keuchik Fakhrial didampingi Wakil Peutuha Peut Azhari peserta Musrenbangdes Faisal yang juga Ketua pemuda memberikan masukan terkait kebijakan perencanaan yang harus menyediakan anggaran untuk Karang Taruna melakukan berbagai kegiatan dengan prioritas pelatihan las dalam pembinaan kemasyarakatan agar sesuai dengan arah Visi dan Misi Gampong.

Wakil Peutuha Tuha Peut Azhari mengharapkan semua Kepala Dusun menyerahkan hasil inventarisir usulan yang sudah diajukan masyarakat untuk direkap dan dimasukkan dalam progam sesuai dengan apa yang tercatat, namun jangan sampai ada tumpang tindih kewenangan apalagi tumpang tindih dana karena aturannya sudah jelas dan sudah kita fahami bersama.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, pendamping desa, pihak keamanan dari Kepolisian, Bhabinsa, Peutuha Peut, unsur masyarakat baik dari wakil-wakil kelompok, Dusun, lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di desa serta disaksikan pula perwakilan dari Kecamatan dan akhirnya dapat dilaksanakan dan mendapat respons yang cukup baik. (Suherman Amin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.