Dakwah Islamiah Menyambut Tahun Baru Islam Khidmat

Bireuen, Beritaterbit.com – Pemuda Jalan Andalas dan masyarakat Bandar Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H dengan melaksanakan Dakwah Islamiah pada Minggu 23 Juli 2023 malam di Jalan Andalas Bandar berlangsung khidmat khidmad dan lancar.

Panitia mengundang Da’i Kondang Teungku Abdul Wahed dari Tualang Cut, Kabupaten Aceh Tamiang bertemakan “Dengan Masuknya Tahun Baru Islam 1 Muharram Tahun 1445 H Menguatkan Persatuan dan Kesatuan Pemuda Jalan Andalas dan masyarakat Bireuen”.

Mengawali acara Tgk Zulfikar H. A. Rahman membacakan ayat suci Al Qur’an, dilanjutkan Salawat badar dipimpin Tgk Ridwan Abdullah Imum Chik Masjid Reuleut.

Ketua Kerukunan Masyarakat Bandar Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi sekaligus berterima kasih kepada Ketua Panitia Maulana dan seluruh jajaran pemuda dan terima kasih telah bekerja luar biasa menggagas dan melaksanakan kegiatan ini dalam waktu yang sangat singkat terlaksana dengan baik dan sukses.

Selain itu terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan mendukung acara ini.

Muzakkar A Gani yang mantan Bupati Bireuen menjelaskan bahwa peringatan 1 Muharam merupakan sebuah kegiatan yang baik dalam rangka muhasabah untuk mengingat kembali apa yang telah dilakukan di masa lalu sehingga menjadi renungan dan memperbaiki diri di masa mendatang.

“Mari kita merenung, bertafakur supaya kita menjadi manusia yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara Penceramah Ustadz Abdul Wahed menyebut, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan selain dari bulan Rajab, Sya’ban dan Ramadhan.

Hal itu dikarenakan ada beberapa peristiwa penting yang terjadi saat bulan muharram di antaranya adalah nabi Adam As memakan buah kuldi kemudian meminta ampun kepada Allah SWT di bulan muharam dan nabi Ibrahim As dibakar hidup-hidup tetapi tidak terbakar juga terjadi di bulan muharam.

“Hal itu merupakan kekuasaan Allah SWT. Tahun berganti, usia berkurang, mudah-mudahan kita semua diberikan keberkahan umur dan menjadi kepribadian yang lebih baik,” ungkapnya.

Acara itu dihadiri Forkopimcam, Kerukunan masyarakat Bandar, kerukunan Masjid Agung, Kerukunan masyarakat Bireuen, Keuchik Bandar dan ratusan mayarakat yang memenuhi Jalan Andalas dan tidak beranjak dari tempat duduknya.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.