Camat Ngetos Widi Cahyono S.STP,M.Si Mengadakan Giat Apel Siaga Bencana

Nganjuk, Beritaterbit.com – Pemerintah Kecamatan Ngetos yg dinahkodai oleh Camat Ngetos Widi Cahyono S.STP,M.Si mengadakan kegiatan apel siaga bencana, bersamaan dengan itu juga diadakan pengukuhan dan simulasi dalam rangka uji SOP Kampung Siaga Bencana disingkat KSP.

Giat yang dihadiri beserta Forpimcam dan stakeholder terkait menyelenggarakan apel kesiapsiagaan tanggap bencana tahun 2022 di lapangan Desa Ngetos Kecamatan Ngetos pada Rabu (2/11/2022).

Apel dilaksanakan untuk mempersiapkan dan memaksimalkan sinergitas dalam penanganan kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kecamatan Ngetos. “Ngetos menjadi salah satu wilayah di Kabupaten Nganjuk yang masuk kategori rawan bencana. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan,” ujar Widi, Camat Ngetos kepada Beritaterbit.com.

Widi menjelaskan, pihaknya berkaca pada pengalaman tahun lalu dimana desa di wilayahnya terdampak bencana banjir dan tanah longsor. “Hal ini disebabkan karena berbatasan langsung dengan sungai dan pegunungan yang rawan terjadi bencana,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya beserta Forpimcam dan stakeholder terkait, melaksanakan apel kesiapsiagaan tersebut guna mempersiapkan sedini mungkin apabila kejadian serupa terulang kembali di wilayahnya.

“Musim penghujan identik dengan bencana banjir dan longsor. Harus kita sikapi dengan persiapan sedini mungkin untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan harta benda,” tambah Widi.

Kesiapsiagaan tanggap bencana merupakan bagian dari upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat, yakni perlindungan dari ancaman dan dampak bencana yang mungkin terjadi. “Dan meningkatkan koordinasi secara terencana, terpadu dan berkesinambungan dengan semangat jiwa gotong royong,” imbuhnya.

Selain di Kecamatan Ngetos, BPBD Kabupaten Nganjuk bersama KAPPALA Indonesia juga membentuk Destana di 4 (empat) kecamatan lain di Kabupaten Nganjuk yakni Kecamatan Wilangan, Berbek, Pace dan Bagor.

Reporter : Gendro

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.