Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) Di Hotel Front One

Nganjuk, Beritaterbit.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Jasa Kontruksi yang memiliki kompetensi khusus sebagai petugas keselamatan kontruksi serta untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan maupun penyakit akibat kerja, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta karya Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Manjemen Keselamatan Kontruksi (SMKK).

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Front One Nganjuk selama lima hari yakni tanggal 31 Oktober s/d 04 November 2022 dan menghadirkan sebanyak kurang lebih 50 peserta dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk Gunawan Widagdo mengatakan, bahwa kegiatan SMKK ini terkait dengan kegiatan manajemen keselamatan kerja, yang mana di dalam dunia jasa kontruksi sangat diperlukan untuk memanusiakan manusia.

“Para pekerja bukan hanya sekedar sebagai objek saja tetapi sebagai subjek yang memang perlu dimanajemeni dalam artian keselamatan dan kesehatannya harus terjaga,” terang Gunawan kepada para peserta Bimtek.

Pihaknya berharap dengan dilaksanakannya Bimtek tentang sertifikasi SMKK di Kabupaten Nganjuk ini banyak memunculkan ahli-ahli para pelaku jasa kontruksi termasuk ASN yang terverifikasi SMKK dan selalu mengedepankan keselamatan serta kesehatan.

Sementara itu, Sunandono sebagai narasumber menyampaikan, tujuan dengan diadakannya kegiatan ini yaitu untuk mewujudkan jaminan mutu penyelenggaraan jasa konstruksi yang sejalan dengan nilai-nilai keamanan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan (K4) yang berpedoman pada UU Nomor 2/2017 tentang Jasa Konstruksi.

“Dengan diadakannya pembinaan bimbingan teknis SMKK sesuai standar kompetensi ini maka diharapkan akan semakin banyaknya jumlah petugas keselamatan kontruksi yang mengerti dan kompeten akan resiko bidang kerja ini,” tuturnya.

Reporter : Gendro

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.