BBPOM Banda Aceh Sinergitas Dengan Dinkes Bireuen Adakan Pelatihan Penyebaran Informasi

Bireuen, beritaterbit.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bireuen mengadakan pelatihan penyebaran informasi masyarakat di Aula Matang Gading Resto Lt II Bireuen.

Prosesi kegiatan tersebut, dibuka Asisten II Bireuen Ir. M. Jafar, M.M yang dalam sambutannya mengharapkan peserta menjadi agent of change untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi kepada keluarga dan masyarakat.

Jafar menyebutkan, setiap akan membeli makanan atau obat, maka ungat Cek KLIK, yaitu cek kemasan, label, izin edar dan kadaluwarsanya. Itu jadi panduan untuk menyelamatkan kita, keluarga dan masyarakat.

Pantia Pelaksana Nurlida Lubis, Apt., M.Si dalam laporannya menyebutkan, pentingnya Nomor Izin Edar pada Produk Obat dan Makanan.

Tujuan pelatihan, di harapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan bersama dalam memilih produk yang aman untuk di konsumsi.

“Informasi yang di sampaikan bisa di implemrntasi dan di sebarluasakan. Ada kader-kader perubahan untuk melakukan pengawasan,” harapnya.

Koordinator Informasi dan Komunikasi BBPOM Banda Aceh, Nurlida Lubis, Apt., M.Si menyampaikan, terkait penyebaran informasi pangan, yaitu mengetahui produk yang di pakai apa sudah mendapat izin dan aman di konsumsi.

Keamanan pangan tak terlepas dan 3 pilar, yaitu Pemerintah, pelaku usaha (produsen) dan masyarakat.

“Pangan yang bermutu dan aman dapat di hasilkan dari dapur rumah tangga dari industri pangan. Penanganan pangan yang baik dapat membuat pangan menjadi terbebas dari bahaya tersebut,” jelasnya.

Dikatakannya, ada 3 cemaran pangan atau makanan berupa cemaran biologi, kimia dan fisik yang membahayakan.

Materi selanjutnya disampaikan Bidang Informasi dan Komunikasi BBPOM Banda Aceh Yanti ST, tentang kosmetika, di mana masyarakat harus cerdas memilih kosmetika yang baik.

Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Kesehatan Bireuen dr. Irwan A. Gani, Kabid Kesehatan Masyarakat Sadriah SKM, M.Kes, Kabag Humas dan Protokol Pimpinan Daerah Bireuen Azmi S.Kom serta Koordinator Kesling dan Kesjaor Dinkes Bireuen Kusna Rohana. (REL/Hera)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.