Anggota Polres Purwakarta Ini, Aktif Mengedukasi Warga Soal Bertani

Jawa Barat. Purwakarta, beritaterbit.com – Berinisiatif membantu meningkatkan hasil pertanian masyarakat, Anggota Polsek Sukasari, Polres Purwakarta, Aipda Wahyu Suseno. Aktif melakukan sosialisasi pencegahan ancaman Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang berpotensi menurunkan hasil dan kualitas tanaman padi di lahan pesawahan milik masyarakat.

Polisi yang juga seorang petani ini, saat sedang piket menyempatkan diri untuk mendatangi areal pesawahan milik Warga Kampung Cipangarangan RT 12, RW 07 Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Untuk melakukan sosialisasi dan edukasi tentang cara aman bertani yang aman dari OPT kepada warga.

Di dunia pertanian, Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) ini adalah semua organisme yang dapat menyebabkan penurunan potensi hasil tani secara langsung karena menimbulkan kerusakan fisik, atau figur tanaman yang sedang ditanam

Penyakit dan hama yang menyerang sawah warga tentunya sangat merugikan masyarakat. Dampaknya akan jelas terlihat dari segi hasil dan kualitas padi yang kemudian nanti akan dipanen. Terhambatnya pertumbuhan tanaman padi warga oleh serangan penyakit dan hama tentunya harus diantisipasi sedini mungkin.

“Alhamdulilah, atas segala kendala yang di keluhkan para petani khususnya di wilayah Kecamatan Sukasari dapat terjawab secara maksimal. Karena selain menjadi jadi anggota Polri saya juga seorang petani, Jadi apa yang dikeluhkan petani seperti bagaimana cara pengendalian dari penyakit tanaman dan hama, dapat tersampaikan,” ujar Aipda Wahyu Suseno, Senin (28/09/2020).

Menurutnya, membantu masyarakat dalam hal bertani juga adalah sebagian cara dan upaya membantu pemerintah dalam mewujudkan program ketahanan pangan yang juga sedang digalakkan oleh Polri.

Dia juga, menambahkan, “Kegiatan kunjungan dan pembinaan kepada para petani dan peternak merupakan berkat dukungan dari satuan atas Polri dan khusus Orang tua saya yang juga seorang petani. Maka saya paham betul bagaimana cara pengendalian tanaman padi khususnya./(IK)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.