Walikota Bengkulu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara di HUT RI Ke-78

Bengkulu, Beritaterbit.com – Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI di Kota Bengkulu dimulai dengan pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera. Dimomen ini, Walikota Bengkulu Helmi Hasan bertindak sebagai inspektur upacara di Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia yang berlangsung di lapangan Kota Merah Putih, Kamis (17/8).

Upacara di Kota Merah Putih ini perdana digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Hal ini sebagai langkah Walikota – Wawali memperkenalkan dan membranding Kota Bengkulu sebagai Kota Merah Putih, berdasarkan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Upacara yang dipimpin Letda Laut P Ikhsan Yasco berlangsung dengan penuh khidmat dan dihadiri unsur Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur TNI/Polri, camat, lurah serta unsur ASN lingkup Pemkot Bengkulu, anggota DPRD Kota Bengkulu dan tamu lainnya.

Dari pantauan tim MC Kota Bengkulu di lokasi, upacara HUT ke-78 RI tersebut berjalan dengan tertib dan lancar. Upacara diawali dengan pengibaran bendera sang merah putih yang dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibraka) Kota Bengkulu. Terlihat mereka berhasil menunaikan tugasnya.

Seperti biasanya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan pesan tersirat dari tanah kelahiran sang saka merah putih di hadapan para awak media. Pesan ini ialah berisi tentang pentingnya kesatuan dan persatuan dalam membangun dan mempertahankan NKRI tercinta.

Karena kesatuan dan persatuanlah yang membuat bangsa ini kuat dan hebat dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk para penjajah dahulu.

“Dengan persatuan-kesatuan inilah dulu bangsa kita bisa mengusir penjajah walaupun bermodalkan bambu runcing. Penjajah waktu itu kita tau memiliki pesawat, tank-tank canggih. Tetapi kemudian bisa ditaklukkan, bisa dihancurkan, bisa dikalahkan dan diusir dari NKRI, ini bukan karena bambu runcingnya, tetapi karena persatuan-kesatuan itu betul-betul kuat,” jelas Helmi.

Di masa mendatang, Helmi juga berpesan kepada para generasi muda penerus bangsa untuk tetap memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Agar bangsa ini tetap bisa berlayar sebagai bangsa besar. Pesan dari tanah merah putih ayo kita perkokoh, kita perkuat persatuan-kesatuan bangsa. Jangan sampai perbedaan-perbedaan seperti agama, suku dan perbedaan lainnya membuat kita kemudian tidak bisa bersatu,” ungkapnya.

Rangkaian upacara HUT ke-77 RI ditutup dengan pemberian penghargaan Satya Lencana Karya Satya, Pengharhaan untuk BPJS Cabang Bengkulu, Pemberian Pengharhaan Peserta OSN dan O2SN, Penyerahan Pemenang Lomba Kampung KB, Lomba Inovasi Daerah.

Sumber : MC Kota Bengkulu

Editor : Rosa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.