Seminar Pertanggungjawaban Konsorsium Permampu

Tais, beritaterbit.com – Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH diwakili Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Seluma Suardi, SH yang didampingi Sekretaris Dinas P3APPKB Drs. Amri, M, Pd mengikuti Seminar Pertanggungjawaban Konsorsium Permampu secara virtual, Senin (31/08/2020) bertempat di ruang rapat Bupati Seluma.

Seminar dengan tema “Suara Perempuan Akar Rumpur dan Pendukung untuk Komitmen dan Keberlanjutan Advokasi HKSR Perempuan di Sumatra” mengambil topik Advokasi HKSR dan Inovasi Permampu dan Suara Akar Rumput dan Pendukung.

Sebagai pembicara kunci Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si dan sebagai moderator jurnalis senior Kompas Sonya Helen Sinombor.

Sejak tahun 2014, Konsorsium Perempuan Sumatera Mampu (Permampu) yang terdiri dari 8 LSM perempuan di Pulau Sumatera yaitu Flora Aceh, Pesada Sumut, PPSW Riau, LP2W Sumbar, APM Jambi, Cahaya Perempuan WCC Bengkulu, WCC Palembang-Sumsel, dan Damar-Lampung telah melaksanakan program Advokasi HKSR untuk perempuan di pulau Sumatra.

Bertujuan untuk penguatan kepemimpinan Perempuan Akar Rumput untuk menghapus kemiskinan, melalui perlindungan dan pemenuhan hak-hak kesehatan seksual dan produksi perempuan, khususnya perempuan dan perempuan muda di pedesaan dan perempuan miskin kota.

Konsorsium Permampu mengadakan seminar virtual setengah hari dengan menghadirkan Suara Perempuan Akar Rumput dan para pendukungnya untuk mengetahui hasil kualitatif dan proses yang dilakukan oleh Permampu dalam kurun waktu 5 tahun ini.Kepala Dinas P3APPKB Kabupaten Seluma Suardi, SH menyampaikan bahwa wujud dari kepedulian Pemerintah Kabupaten Seluma terhadap perempuan dan anak maka Bupati Seluma telah memutuskan dan melakukan kebijakan dengan menerbitkan Peraturan Bupati Seluma No. 27 Tahun 2018 tentang Pencegahan Perkawinan Usia Anak.

”Dengan dikeluarkannya Perbup ini maka di Kabupaten Seluma tidak ada lagi pernikahan usia anak,” ungkap Suardi. (rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.