Sekda Kabupaten Seluma Meninjau Kesiapan Puskesmas Menghadapi Covid-19

Tais, beritaterbit.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma Irihadi, S.Sos, M.Si meninjau kesiapan pelayanan Puskesmas – Puskesmas di Kabupaten Seluma dalam menghadapi pandemik Covid-19, Selasa (07/04/2020).

Dalam peninjauannya ini Irihadi menemukan kekurangan atau ketidaksiapan beberapa Puskesmas dalam persiapannya memberikan pelayanan untuk pasien yang diduga tertular Covid-19 seperti penataan kursi tunggu pasien yang terlalu dekat jaraknya serta mengenai penyemprotan disinfektan di Puskesmas harus lebih dari satu kali perhari dan tidak ada tissue di tempat cuci tangan.

Kepala Puskesmas Dermayu dr. Agus Andi Lubis mengakui bahwa dalam menghadapi pasien covid-19 ini pihaknya masih sangat membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi paramedis yang sesuai standar.

“Kami sangat mengharapkan bantuan APD yang sesuai standar agar paramedis di Puskesmas Dermayu dapat bekerja secara maksimal,” ungkap Agus Andi.

Sedangkan Kepala Puskesmas Cahaya Negeri Thomas Edison, SKM melaporkan kepada Sekda bahwa Sistem pelayanan di Puskesmas Cahaya Negeri dalam hal penanganan pasien covid-19 telah menyiapkan tempat cuci tangan di depan pintu masuk bagi yang datang dan pulang dari puskesmas.

“Puskesmas Cahaya Negeri sudah mempunyai Posko Covid-19 khusus untuk masyarakat yang melapor baru pulang dari luar kota yang merupakan zona merah Covid-19”, jelas Thomas.

Thomas juga menjelaskan bahwa kursi duduk pasien di ruang tunggu sudah diberi jarak antara pasien satu dengan pasien lainya.

“Permasalahan yang dihadapi cuma APD yang masih minim seperti masker dan APD lainya”, lanjutnya.

Untuk mengatasi kekurangan APD di tiap Puskesmas ini, Sekda Kabupaten Seluma langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Seluma untuk segera mengirim APD yang dibutuhkan. (rls).

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.