Sejumlah Tempat Wisata Di Purwakarta, Siap Sambut Era New Normal

Purwakarta, Jawa Barat, beritaterbit.com – Di hari kedua Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta melakukan monitoring kesiapan Adaptasi Kebiasaan Baru di sektor jasa Usaha Pariwisata yang dilakukan di beberapa tempat Wisata unggulan di Purwakarta Dinilai telah siap menyambut datangnya New Normal.

Dari sejumlah destinasi wisata yang telah dilakukan monitoring menyatakan siap hadapi New Normal dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang di anjurkan oleh pemerintah disaat New Normal sudah diberlakukan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Heri Anwar Sekretaris Dinas (Disporaparbud) kepada media beritaterbit.com saat sedang melakukan monitoring di destinasi wisata Cikaopark yang berlokasi di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Jum’at. (19/06)

Kata Heri, ” Dari hasil monitoring hari ini dan yang sudah dilakukan pada hari sebelumnya masing – masing pengelola wisata menyatakan sudah siap menerapkan protokol kesehatan yang memang menjadi aturan wajib jika ingin beroperasi kembali khususnya di sektor Pariwisata.

Ia menjelaskan bahwa, aturan yang dianjurkan saat New Normal juga mewajibkan setiap pengelola Wisata agar membentuk Satgas Covid – 19 Internal untuk memantau dan memastikan situasi tempat wisata saat New Normal diberlakukan tetap tertib. Dan untuk petugas yang ada di setiap tempat wisata itu akan langsung berkomunikasi langsung secara intensif dengan Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 Kabupaten Purwakarta.

Khawatir akan menyebabkan penerapan Sosial/Pshycal Distancing terganggu. Ia juga mengatakan untuk jumlah wisatawan yang datang saat New Normal juga mengalami pembatasan, misalkan yang biasanya tempat wisata mendapat 1500 orang pengunjung per hari. Dari jumlah pengunjung tersebut harus dikurangi 40 persen. Sesuai aturan dalam Surat Edaran.

Menurutnya, jika tanggal 26 Juni nanti sudah ada instruksi dari pemerintah pusat dan segala sesuatunya telah siap. Pemkab akan memulai New Normal secara bertahap.

Ketika mengetahui aturan yang harus dipatuhi saat New Normal, Dirut Cikaopark Aprijal Hadi menambahkan, Bahwa dalam segi kesiapan pihak Cikaopark sudah menyiapkan fasilitas pencuci tangan, baik di destinasi Wisata Air, taman bermain anak, ataupun di setiap tempat yang menjadi wahana hiburan dan fasilitas umum lainnya, mulai dari hand sanitizer ataupun wastafel dilengkapi sarana pra sarana lainnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan yang di anjurkan.

“Kami juga akan terapkan aturan wajib masker dan pengecekan suhu tubuh, melakukan penyemprotan disinfektan berkala kepada setiap kendaraan yang memasuki area wisata, dan pemasangan papan informasi ataupun himbauan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak dan tetap patuhi aturan yang berlaku saat Wisata sudah mulai beroperasi kembali.” Tutup Aprijal. (Aik NH)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.