Salah Satu Kawasan Wisata Hutan Mangrove Pesisir Pantai Utara Jawa

Pati, Beritaterbit.com –  Kabupaten Pati yang terletak di jalur pantura dan di pesisir utara Pantai Jawa Tengah sangat memiliki banyak potensi pariwisata, terutama pariwisata pantai. Dengan banyaknya destinasi wisata pantai tak ketinggalan masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Pati sangat getol untuk meningkatkan potensi pariwisata ini. Salah satunya adalah wisata hutan mangrove di pesisir pantai. Selain di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil dan Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu, hutan Mangrove (Bakau) juga ada di Desa Banyutowo Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Jateng.

Hutan mangrove yang sudah beberapa tahun ini di kelola dengan baik selain untuk mengurangi abrasi pantai juga untuk menumbuhkan ekosistem laut.
Hutan mangrove Banyutowo terletak persis di bibir pantai utara jawa. Kawasan hijau ini akses jalannya juga mulus dari jalan utama hingga ke lokasi tujuan wisata alternatif di Pati ini. Rata – rata tinggi pohon mangrove di banyutowo ini sekitar tiga meter.

Dengan rute  yang mudah dikenali  jika masuk dari gerbang Desa Banyutowo ambil arah ke kanan menyusuri pemukiman dan tambak milik warga. Pantai hutan mangrove ini sangat mudah ditemukan.
Untuk yang gemar gowes, trek yang bagus bisa ambil dari pasar Alasdowo, masuk ke arah timur hingga TPI (Pelabuhan Alasdowo), menyeberangi jembatan tinggi ke arah barat. Cukup nyaman bagi para pesepeda untuk menyusuri rute ini dengan melewati tambak tambak penduduk dan akhirnya bisa melihat dan menikmati rimbunnya hutan mangrove ini.
(m@s/pn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.