PMKRI Bengkulu Lakukan kegiatan Pelatihan Kesekretariatan Dengan Mengangkat Tema “Muda Berprestasi Rapi Administrasi”

Beritaterbit.com – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Bengkulu melalui Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Bengkulu melakukan Pelatihan Kesekretariatan “Muda Berprestasi Rapi Administrasi” yang dilaksanakan pada Selasa, 20 Oktober 2020.

Pelatihan ini dilaksanakan secara online melalui via zoom meeting conference dengan menghadirkan narasumber, yakni Sekretaris Jenderal PP PMKRI Periode 2018 – 2020 saudara Tomson Sabungan Silalahi dan Sekretaris Jenderal PP PMKRI Periode 2020-2022 saudari Tri Natalia Urada.

Pelatihan diawali opening speech oleh Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Bengkulu periode 2019 – 2020 saudari Agustina Setiawati. Dalam sambutannya, Tina “sapaan akrabnya “mengatakan bahwa pelatihan kesekretariatan ini sangat diperlukan, karena berbicara tentang kelengkapan dan kerapian data dan informasi organisasi. Berbicara tentang administrasi adalah sesuatu yang sangat penting sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari organisasi, administrasi ada sangkut pautnya dengan sejarah.

Administrasi yang baik dan jelas juga tentu akan menjelaskan sejarah organisasi dengan baik kepada generasi selanjutnya. sangat berharap pelatihan hari ini mampu memberikan kesan dan manfaat yang baik bagi seluruh peserta PMKRI Cabang se -Indonesia. Selamat berdiskusi, tutup tina.
Tomson Sabungan Silalahi mengatakan bahwa pentingnya manajemen organisasi terkhusus dalam kesekretarian dan juga pengelolaan sistem administrasi organisasi yang mana sistem pengarsipan / penyimpanan data dan informasi harus dilakukan secara berkesinambungan selama organisasi masih terus berjalan.

Kemajuan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh organisasi dapat dilihat dari dokumen-dokumen yang disimpan dengan rapi dan baik serta peran seorang sekjend yang biasa dilakukan. Tomson menambahkan, bahwa banyak bentuk-bentuk surat dan hal tersebut disesuaikan dengan kebijakan cabang. Beliau juga mengatakan sah nya surat yaitu jika terdapat ttd dan cap basah yang diletakkan pada surat.

Sedangkan, Saudari Tri Natalia Urada menjelaskan tentang pokok pengenalan surat menyurat dan metode pembuatan proposal. Pada penyampaian materinya beliau mengatakan bahwa masih ada cabang yang salah dalam penulisan surat pada kesempatan ini setiap cabang dapat menyamakan persepsi antara cabang dan pusat. Beliau menjelaskan penulisan surat yang baik, dan bagian – bagian surat sesuai dengan pedoman/aturan di PMKRI serta pembuatan proposal.

Untuk memperkuat pemahaman pelatihan ini, pelatihan ini turut melakukan simulasi dengan melihat dan mengkoreksi contoh surat yang ada agar diperiksa bersama letak kesalahan yang terjadi dengan membandingan surat baik dan benar telah telah dijelaskan sebelumnya.
Sesudah selesai penjelasan dari pemateri dan pelaksanaan simulasi dilanjutkan dengan diskusi dengan seluruh peserta.

Kegiatan berjalan secara interaktif dan mendapatkan apresiasi serta respon antusias dari peserta yang mengikuti selama pelatihan berlangsung yang mana diikuti oleh beberapa cabang PMKRI se-Indonesia maupun pengurus pusat.

Untuk kita ketahui bersama, kegiatan diskusi ini dipandu oleh moderator saudara Floriska O Sinurat Biro Pengabdian Masyarakat PMKRI Cabang Bengkulu periode 2019 – 2020 saudari Floriska Sinurat. Turut hadir dalam diskusi, KOMDA PMKRI Sumbagsel 2020-2020 saudara Alexander Silaban, yang selalu mendampingi setiap aktivitas PMKRI cabang se-Sumbagsel.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.