Panen Bersama Kawasan Rumah Pangan Lestari Dan Gerakan Diversifikasi Pangan

Kungkai Baru, beritaterbit.com – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Seluma Sudarman, SP beserta jajarannya, dan Camat Air Periukan Drs. Sukran Effendi, MM ikut kegiatan Panen Bersama Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Gerakan Diversifikasi Pangan Melalui Pemanfaatan Pekarangan untuk Provinsi Bengkulu Tahun 2020, Kamis (24/09/2020) di Desa Kungkai Baru Kecamatan Air Periukan.

Hadir di kegiatan ini Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Propinsi Bengkulu Hj. Yuliswani, SE. MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Tim Verifikasi Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Kelompok Wanita Tani Segara Desa Kungkai Baru dan masyarakat Desa Kungkai baru dan sekitarnya.

Kepala Desa Kungkai Baru Mahmudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat Desa Kungkai Baru sudah lama melakukan penanaman pangan di pekarangan.

”Dulu kami masih membeli sayur-sayuran untuk kebutuhan sehari-hari dan sekarang kapanpun butuh sayur-sayuran sudah tersedia di pekarangan warga Kungkai Baru,” ujar Mahmudi.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Propinsi Bengkulu Hj. Yuliswani, SE. MM dalam sambutannya antara lain menyampaikan di dalam UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan gizi.

”Pemerintah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat, aktif dan produktif,” jelas Yuliswani.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Seluma melalui Kepala Bidang Konsumsi dan Ketahanan Pangan Z. Iksan Sahudi, SE, MM, MH menyampaikan bahwa dari seluruh desa yang ada di Provinsi Bengkulu, Desa Kungkai Baru yang ditunjuk untuk pelaksaan kegiatan ini.

”Kelompok Wanita Tani (KWT) “Segara Tani” Desa Kungkai Baru Kecamatan Air Periukan ini telah ditetapkan sebagai juara satu Kelompok Wanita Tani (KWT) tingkat Provinsi Bengkulu dan sekarang mulai dilaksanakan penilaian tingkat nasional oleh Tim Verifikasi Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI,” jelas Iksan.

Setelah menyaksikan Sambutan Menteri Pertanian RI secara virtual, dilanjutkan dengan panen bersama di pekarangan anggota Kelompok Wanita Tani Sagara. (rls)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.