Luar Biasa, Beberapa PT Indonesia Kunjungi Geopark Sawahlunto untuk Study Lapangan

Sawahlunto, beritaterbit.com – Luar Biasa, saat ini Geopark Sawahlunto sudah menjadi tujuan beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia untuk belajar/melakukan Studi Lapangan. Bahkan baru-baru ini Universitas dari Negara Tetangga Malaysia, Universitas Teknologi Petronas Malaysia mengunjungi Geopark Sawahlunto yakni sejak Minggu (02/07) dan Insya Allah hingga Sabtu (15/07/2023).

Selain itu juga berkunjung Universitas Islam Riau (UIR) dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Pengurus Badan Pengelola Geopark Nasional Sawahlunto Robert Petra Ramadhona, mengatakan kegiatan kampus lapangan geologi terintegrasi itu telah dimulai dengan Kuliah Lapangan mahasiswa dari ketiga Universitas tersebut selama 13 hari di Sawahlunto yakni sejak Minggu (02/07) sampai Sabtu (15/07).

“Ada sejumlah 77 orang mahasiswa ditambah 10 Dosen Pembimbing dari Universitas Teknologi Petronas Malaysia, UIR dan Unpad yang sedang Kuliah Lapangan mempelajari aspek geologi pada geopark Sawahlunto. Kemudian Mahasiswa tersebut juga membantu membangun edukasi tentang geopark kepada masyarakat sekitar, serta menjalankan prinsip konservasi lingkungan melalui penelitian serta pemetaan,” kata Robert, Sabtu (08/07/2023).

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengatakan, dipercayanya Sawahlunto menjadi Kampus Lapangan Geologi Terintegrasi tersebut berarti membuka potensi kawasan wisata Sawahlunto dapat menjadi destinasi pariwisata edukatif yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat.

“Dampaknya nanti secara langsung maupun tidak langsung akan menghadirkan kunjungan wisata, hospitality, sampai pemberdayaan UMKM,” kata Wawako Zohirin.

Ditambahkan Wawako Zohirin, nantinya hal itu juga bisa membuka potensi Kota Sawahlunto menjadi lokomotif pariwisata edukatif berbasis kegeologian dan sejarah di Sumatera Barat.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.