Lomba Dongeng Cerita Rakyat, Ning Ita: Upaya Wujudkan Kota Mojokerto Sebagai Kota Pariwisata Berbasis Sejarah dan Budaya

Kota Mojokerto, beritaterbit.com – Dalam rangka memperingati Hari Dongeng Nasional tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto menggelar Lomba Dongeng Cerita Rakyat di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat, Senin (28/11/2022) malam.

Pagelaran Lomba Dongeng Cerita Rakyat ini di ikuti sebanyak 88 peserta yang terdiri dari 65 peserta jenjang SD/MI, 19 peserta jenjang SMP/MTs, dan 4 peserta dari masyarakat.

Dalam sambutannya Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, lomba Dongeng Cerita Rakyat ini patut mendapat apresiasi dan harus rutin digelar sebagai upaya memberikan ruang bagi budaya lokal agar terus lestari di Kota Mojokerto.

“Ini sebagai upaya kita untuk mewujudkan Kota Mojokerto sebagai kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya,” ujar Ning Ita.

Lebih lanjut dikatakan Walikota, beberapa kegiatan dalam bentuk uri-uri budaya yang digelar Pemkot Mojokerto menjadi satu khasanah yang memperkaya warisan budaya Kota Mojokerto.

“Kita tahu warisan budaya Majapahit masih sangat kental di masyarakat kita, dan masih terus dilaksanakan hingga saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Amin Wachid menyatakan, proses seleksi peserta lomba ini sudah dilaksanakan mulai 8 September-15 Oktober 2022 lalu. Masing-masing sekolah peserta mengirimkan video mendongeng kemudian diseleksi oleh juri dari Dewan Kebudayaan Daerah Kota Mojokerto.

“Lomba Dongeng Cerita Rakyat yang digelar kali ini juga didedikasikan untuk 4 Tahun Ning Ita mengabdi di Kota Mojokerto. Adapun beberapa aspek yang dinilai meliputi penampilan, ekspresi, penguasaan materi, penguasaan panggung, serta komunikatif dan interaktif,” terang Amin.

Dikatakan Kepala Dinas P dan K Kota Mojokerto, dari keseluruhan aspek tersebut, untuk kategori SD/MI, SDN Mentikan 1 berhasil menjadi juara satu dengan perolehan nilai tertinggi yakni 408,7. Sementara juara dua diraih oleh SDN Kranggan 1 dengan perolehan nilai 406,7.

“Sedangkan untuk kategori masyarakat yang lolos menjadi juara berasal dari Wates,” sambung Amin.

Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para finalis lomba Dongeng Cerita Rakyat dan pemberian penghargaan kepada dua tokoh Inspiratif. (Adv/ar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.