Kegiatan DBHCHT Satpol PP Kabupaten Mojokerto Tahun 2023 Bidang Penegakan Hukum

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Dalam tahun 2023 ini, berbagai kegiatan dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto. Salah satunya adalah Bidang Penegakan Hukum yang ada di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Bidang Penegakan Hukum yang dilaksanakan itu berdasarkan Peraturan Mentri Keuangan Nomor 215/PMK.07/20221, tentang Penggunaan Pemantauan dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 3/PMK.07/2023, Tentang Rincian Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Cukai Tembakau Menurut Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2023.

Yang kedua adalah Program Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai yang meliputi, penyampaian informasi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai kepada masyarakat dan/atau pemangku kepentingan dan pemantauan serta evaluasi atas pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang cukai.

Ketiga, program pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal yang di dalamnya mencakup pengumpulan informasi peredaran barang kena cukai ilegal dan operasi pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal bersama dengan Kantor Wilayah Bea dan Cukai dan/atau Kantor Pelayanan Bea Cukai setempat yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah serta penyediaan/pemeliharaan sarana dan/atau prasarana pendukung kegiatan pemberantasan barang kena cukai Ilegal.

Adapun kegiatan di Bidang Penegakan Hukum dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja yang berhubungan dengan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau dalam tahun 2023 adalah, Guyon Maton Cak Precildan Cak Kirun Gempur Rokok Ilegal tanggal 6 Juni 2023, di Lapangan Tanah Kas Desa (TKD) Brawijaya, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto dengan pengunjung sebanyak 5000 orang.

Kedua, kegiatan Talkshow Gempur Rokok Gak Cuma Cangkrukan di JTV, Tanggal 28 Agustus 2023, di Wisata Sawah Sumbergempong, Trawas dengan pengunjung 100 orang.

Ketiga, Sosialisasi Ketentuan Di Bidang Cukai kepada agen rokok, Tanggal 25 September 2023, di Hotel Arayanna Kecamatan Trawas, dengan pengunjung 180 orang dan tanggal 26 September 2023, di Hotel Lynn Mojokerto dengan pengunjung 220 orang.

Keempat, Operasi bersama Gempur Rokok Ilegal, tanggal 11 Oktober 2023 di Pasar Pohjejer, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto.

Kelima, Jalan Sehat Gempur Rokok Ilegal tanggal 29 Oktober 2023 di Wisata Gelang Puri, Kecamatan Puri, dengan jumlah pengunjung 1200 orang.

Keenam, Pengajian Gempur Rokok Ilegal bersama Ustadz Maulana, tanggal 16 November 2023, di Lapangan Desa Mojodadi, Kecamatan Kemlagi dengan pengunjung sebanyak 5000 orang.

Ketujuh, Senam Gempur Rokok Ilegal, tanggal 18 November 2023 di Lapangan Desa Jetis, Kecamatan Jetis dengan jumlah pengunjung sebanyak 800 orang.

Kedelapan, Talkshow Gempur Rokok Ilegal iBreak di iNews TV Jawa Timur tanggal 27 November 2023, di Mitra Produksi Sigaret, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto dengan jumlah pengunjung sebanyak 100 orang.

Dan yang terakhir, Ngontel Gempur Rokok Ilegal tanggal 3 Desember 2023, di Lapangan Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, dengan jumlah pengunjung sebanyak 2500 orang.

Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengingatkan, personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Mojokerto untuk terus memperkuat latihan pengamanan dan berani dalam bertugas. Mengingat, Satpol PP merupakan bagian penting dalam mendukung pertahanan dan keamanan, serta penanggulangan masalah tertentu.

“Satpol PP mempunyai tugas pokok dan fungsi untuk menegakkan peraturan daerah atau kepala daerah, termasuk mengamankan aset pemerintah atas nama negara. Sehingga kalian harus bisa beradaptasi dan berani menghadapi. Kalian juga harus mengarahkan masyarakat untuk patuh terhadap aturan,” ujarnya.

Terpisah Eddy Taufiq, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mojokerto mengatakan, yang penting bagi Satpol PP adalah menanamkan nilai keberanian dalam menegakkan aturan.

“Sehingga segala sesuatu yang menyangkut penegakan peraturan daerah atau kepala daerah, satuan ini menjadi yang terdepan bertugas,” tegas Eddy.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.