Kades se- Kecamatan Kanigoro Berikan Inspirasi Bagi Semua Kades Blitar dengan “Moto” Kebersamaan Dalam Kemajuan

Blitar, Beritaterbit.com – Sosok Kades inovatif dan kritis selalu bermunculan diwilayah Kecamatan Kanigoro, bahkan jadi tolak ukur bagi para Kades yang lain di Kabupaten Blitar ini. Hal itu bisa terlihat dari kekompakan Kepala Desa dan Kepala Kelurahan se – Kecamatan Kanigoro, memang tidak diragukan lagi. Itu terlihat dari sembilan Kades yang hadir dalam acara bersih desa Karangsono pada Jumat malam lalu (03/07/2020).

Setelah selesai acara para Kades melanjutkan dengan sharing guna pembahasan untuk kemajuan bersama desa dan kelurahan diwilayah Kecamatan Kanigoro. Inti pembahasan mulai dari masalah bansos yang tumpang tindih hingga saat ini, terkait program baik itu dari APBD maupun APBN untuk peningkatan kemajuan pembangunan dimasing-masing desa mereka.

Seperti yang disampaikan kades nyentrik dari desa Karangsono, Tugas Nanggolo Dili Prasetiono, bahwa yang jelas kita selalu berkoordinasi untuk percepatan pembangunan didesa-desa diwilayah Kanigoro.

“Kita selalu berkoordinasi dan saling bersinergi antar kades, dalam mengejar percepatan pembangunan tata kelola kota dikanigoro sebagai bagian lingkup diibukota Pemkab Blitar, diwilayah desa kami masing-masing. Dikarenakan desa diwilayah Kanigoro juga termasuk desa penyangga diibukota Kabupaten Blitar seperti kita ketahui bersama. Yang jelas kami inginkan segala program baik dari pusat maupun Propinsi bisa diarahkan di lingkup Pemdes se-kecamatan Kanigoro agar Kanigoro betul-betul siap untuk menjadi ibu Kota dengan semua desa dan kelurahan diwilayahnya,” tegas pria yang akrab disapa Bagas ini.

Sementara itu ditemui ditempat yang sama, kordinator Kades se-kecamatan Kanigoro Asahrul Fahruda mengatakan, bahwa hubungan antar kades dilingkup wilayah Kanigoro sangat baik dengan tetap mengedepankan kebersamaan, seperti saat ini setelah acara bersih desa Karangsono ini dilanjutkan ngobrol dan sharing terkait bansos dan program, inovasi apapun yang mungkin dari desa (A) mungkin bisa saling bersinergi ataupun diadopsi oleh desa lainya demi kemajuan bersama.

“Karena Moto kami semua adalah kebersamaan dalam kemajuan,” tandas .Asahrul Fahruda.

Lebih lanjut Asahrul Fahruda mengatakan, diKecamatan Kanigoro kita selalu komunikasi dan setiap diundang rapat kecamatan setelahnya kita selalu kumpul kita bahas bersama karena dimungkinkan ada yang belum paham terkait materi ataupun program itu sendiri, agar bermanfaat untuk kemajuan kita bersama.

“Karena keluhan kita saat ini terkait tumpang tindihnya data bansos, baik pemadanan (penyertaan) dan kelambatan penyaluran bansos itu sendiri dari pemkab Blitar. Juga terkait APBDes karena saudara-saudara kita Kades ini ada yang belum paham karena banyak yang masih baru dan baru pertama kali. Terkait sistim penganggaran itu sendiri yang mungkin seratus persen belum semuanya paham,” ungkap Asahrul Fahruda.

Dan harapan kami, dari Tiga Pilar dan Pemkab Blitar selalu inten dan lebih banyak mengadakan program pelatihan (Bimtek) guna peningkatan kapasitas untuk para Kades dilingkup Kabupaten Blitar, baik itu terkait penganggaran, masalah sosial dan pertanahan karena itu sangat krusial.

“Harapan kami diperbanyak pelatihan atau Bimtek terkait sistim penganggaran, masalah sosial dan terkait pertanahan karena itu sangat krusial sekali. Jadi tidak hanya Bimtek untuk menghabiskan anggaran tetapi Bimtek yang betul-betul berkualitas yang bisa diterima semua Kepala Desa,” pungkas Asahrul Fahruda yang juga selaku Korcam Kades Kecamatan Kanigoro.(San)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.