Herwan Antoni : Peralatan Lengkap, Tenaga Ahli Sudah Direkrut

Bengkulu, beritaterbit.com – Jumat (15/05/2020) Apresiasi dan dukungan layak kita berikan kepada Gugus Tugas Provinsi Bengkulu, berkas kerja keras tiada henti, akhirnya provinsi Bengkulu akan dapat melakukan pemeriksaan swab secara mandiri.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu tak perlu lagi mengirim sampel swab ke Palembang maupun Padang. Pasalnya, alat untuk melakukan tes SWAB sudah tiba dan lengkap di Rumah Sakit M. Yunus Bengkulu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni membenarkan hal tersebut. Peralatan penunjang sudah lengkap dan siap dioperasikan secepatnya.

“Harapan kita secepatnya bisa digunakan. Kalau bisa besok atau lusa sudah bisa. Catridge sudah tiba, kemudian reagen juga sudah tiba sore ini. Tenaga ahli sudah direkrut, kelengkapan penunjang sudah disiapkan. Petugas juga sudah mengikuti virtual meeting”, kata Herwan Antoni

Jika tim petugas dan peralatan sudah siap, Herwan memastikan bahwa tes swab sudah bisa dilakukan mulai hari Minggu (17/05/2020). Artinya, mulai saat ini Dinkes Provinsi Bengkulu dapat mengetahui lebih cepat hasil tes sampel swab yang telah diambil dari pasien, karena tak harus mengirim sampel ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Palembang.

Sesuai dengan pernyataan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebelumnya, bahwa tes swab ini nantinya akan dipusatkan di Rumah Sakit M. Yunus yang juga merupakan rujukan utama bagi penanganan corona di Provinsi Bengkulu.

“Kita sudah mendapat persetujuan Kemenkes RI untuk melakukan tes PCR sampel swab. Dan perlatannya dalam 1 atau 2 hari ini dikirimkan ke Bengkulu. Kita juga siapkan gedung khusus untuk melayani pemeriksaan sampel swab di Rumah Sakit M. Yunus, jika sudah beroperasi maka kita bisa lebih cepat mengetahui hasilnya apakah positif atau negati Covid-19. Jika hasilnya positif, tentu kita bisa segera lakukan penanganan terhadap pasien tersebut”, ucap Gubernur Rohidin. (S100)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.