Gelar Diskusi Terbuka Cara Mengelola Anggaran Dengan Baik

Luwu/beritaterbit.com – Dihadiri Kepala Inspektorat Kabupaten Luwu, yang diwakili Sekretaris Inspektorat H. Hasanuddin Attas,SE serta jajaran PT Bank Sulselbar cabang Belopa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kab Luwu menggelar kegiatan Diskusi Terbuka yang dilaksanakan di Aula Kantor Dikbud Kab Luwu jalan Jenderal Sudirman beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kadis Dikbud Drs. Hasbullah Bin Mush menekankan agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun oleh semua sekolah dengan melibatkan OPD terkait seperti Inspektorat dan lain sebagainya.”Agar para kepala sekolah dapat lebih optimal dan lebih baik dalam menyusun laporan pertanggung jawaban(LPJ) “ urai Hasbullah.

Berbicara soal Kompetensi kepala sekolah, lanjut Hasbullah, kepala sekolah di tuntut untuk jujur dalam menyampaikan LPJnya, “Maka saya berharap bagi semua kepala sekolah agar jangan coba coba melakukan rekayasa dalam penyusunan LPJ, ini berulang kali saya tekankan kepada semua kepala sekolah di Luwu” tegas Hasbullah

Sehingga sambung Hasbullah tidak menjadi temuan pihak BPK dan Inspektorat dikemudian hari “Kedepan saya berharap kepada semua kepala sekolah agar bisa lebih baik dalam penyusunan LPJ” pungkas Hasbullah.

Sementara itu Sekretaris Inspektorat H. Hasanuddin Attas,SE Kabupaten Luwu dalam paparan materinya, masih menemukan pihak sekolah dalam penyusunan LPJ ternyata tidak melibatkan komite sekolah, “Permasalahan ini biasa kami temukan di sekolah. Masih ada hal- hal yang perlu diperbaiki terutama dalam menyusun perencanaan LPJ yang tidak melibatkan komite sekolah. Juga masih ada sekolah belum memahami apa tupoksinya masing- masing yang terkait pengelolaan dana BOS.” Urai Hasanuddin


Ia menhimbau agar pihak sekolah agar tidak ragu-ragu dalam pengelolaan anggaran BOS “Sekolah harus patuhi ketentuan – ketentuan yang ada jangan bertindak sendiri semua yang dilakukan sekolah harus pakai kwitansi dan harus sesuai kwintansi pembelian di toko juga buku kas harus lengkap.” Pinta Hasanuddin.

Kegiatan yang dihadiri para kepala sekolah itu terbagi dalam dua sesi atau dua tempat, Hal ini mengingat saat ini di Kabupaten Luwu masih dalam situasi pandemi covid 19. Di hari pertama itu dilaksanakan di Aula Dinas Dikbud Belopa yang dihadiri Sekretaris Dikbud Amirullah, Kabid Pembinaan SD Andi Padri P.Noor serta para undangan lainnya. (ana)

Editor : Farid S

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.