FPM 2021, Tari Piring Terbanyak Sukses Pecahkan Rekor MURI dan Dunia

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com- Sebanyak lebih kurang 9.000 orang Penari Piring Tanah Datar berhasil pecahkan Rekor MURI dan bahkan Rekor Dunia, dengan menampilkan Tari Tradisional Minangkabau, yaitu Tari Piring pada ajang Event tahunan Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2021 yang dipusatkan di Istano Pagaruyuang, Sabtu dan Minggu (12-13 November 2021). Acara juga dilaksanakan secara virtual dengan konsep Hibryd (ofline dan online).

Pemecahan Rekor MURI ini seperti tahun-tahun sebelumnya pada Event Festival Budaya Minagkabau yang merupakan Event rutin tahunan ini, Tanah Datar kembali berhasil memecahkan rekor MURI dengan menampilkan ragam keunikan Budaya maupun Adat-istiadat Minangkabau.

Pada tahun 2017 Tanah Datar pecahkan Rekor dengan Arakan Jamba Terbanyak, yaitu 1.111 Arakan Jamba; tahun 2018, Minum Kawa Daun dengan tempurung, yaitu 4.000 orang terbanyak; Tahun 2019, Pagelaran Talempong Pacik terbanyak yaitu 1200 orang dan kembali pada tahun 2021 ini Tanah Datar pecahkan Rekor MURI dengan Tari Piring Penari Terbanyak, kurang lebih 9.000 penari.

Tapi ternyata tampilan Tari Piring ini tidak hanya memecahkan Rekor MURI namun diluar dugaan dapat memecahkan “REKOR DUNIA” Penari Terbanyak. Ini merupakan prestasi luar biasa dan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Luhak Nan Tuo.

Terkait hal tersebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra saat diwawancarai Awak Media seusai acara pembukaan FPM menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas prestasi yang diraih Tanah Datar dalam FPM 2021.

“Terima kasih, Alhamdulillah, kami masyarakat Tanah Datar sangat berbahagia, lancar dalam rangka FPM 2021.Ini memang luar biasa, awalnya kami ragu untuk pelaksanaan, tetapi berkat do’a kita semua, kerja keras tim, Disparpora, panitia, ternyata saya baru dapat MURI bahwa ini adalah “Rekor Dunia”.Sekali lagi terima kasih kepada semua elemen yang telah membantu terlaksananya FPM 2021 ini” ujar Eka Putra sumringah.

Eka Putra juga katatakan, dengan persiapan yang singkat hanya 4 hari, dengan penuh keyakinan dan semangat serta kerja keras seluruh elemen Pemerintah dan dukungan masyarakat, BUMD, BUMN dan pihak swasta lainnya, FPM 2021 dapat terlaksana di Tanah Datar.

“Alhamdulillah, yang saya ragukan sama sekali tidak terlihat nyata di sini, malah ini luar biasa, partisipasi masyarakat, begitu antusiasnya Nagari-Nagari, SD, SMP, SMA mengikuti Tari Piring bersama melalui Virtual di kegiatan FPM ini” tambah Eka Putra.

Eka Putra juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi dan menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan harapan semakin banyak yang berkunjung ke Istana Pagaruyung dan Destinasi Wisata lainnya di Kabupaten Tanah Datar.

“Kami menerima vaksin, artinya kami juga membuka lapak vaksin, dan di sini ada lokasi vaksin kerjasama dengan Dinkes untuk pengunjung yang belum divaksin.Ini selama 2 hari” jelas Eka.

Sementara saat ditanya apakah tahun selanjutnya akan ada pemecahan Rekor Muri, dengan tegas Eka Putra katakan ” Ada, akan ada pemecahan Rekor MURI selanjutnya, tetapi apa itu masih rahasia”.(Mr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.