Dukung Mudik Nataru, Dinkes Kabupaten Mojokerto Adakan Pelayanan Kesehatan Tradisional

Kab. Mojokerto, beritaterbit.com – Dalam rangka Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Posko libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 dan dalam rangka mendukung mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Posko Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto mengadakan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Posko Kesehatan Kenanten.

Jadwal Pelayanan Kesehatan Tradisional tersebut di mulai tanggal 27 Desember hingga 2 Januari 2024, dengan melibatkan 3 Puskesmas, yakni Puskesmas Bangsal, Puskesmas Pacet dan Puskesmas Pesanggrahan Kecamatan Kutorejo.

Demikian yang disampaikan dr. Ulum Rokhmat Rokhmawan, M.H, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (28/12/2023).

Menurut Ulum, ada beberapa titik Posko Pelayanan Kesehatan dan Paramedis serta Relawan yang disiagakan untuk memberikan pelayanan kepada pemudik Natal dan Tahun Baru.

“Dinkes menyiapkan dan menyiagakan 11 Rumah Sakit (RS), 27 Puskesmas dan 55 Klinik Kesehatan untuk memberikan pelayanan,” ujar Ulum.

Kepala Dinkes juga berharap, agar pemudik Nataru menjaga kesehatan. “Kalau lelah atau apa, jangan ragu ke Posko Kesehatan,” pungkas Ulum.

Sementara itu, Sutik Alfiyati, Pj Rujukan Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto mengatakan, untuk mendukung Mudik Nataru, Dinkes menyiagakan 11 Rumah Sakit, untuk menerima rujukan dari 7 Posko Kesehatan yang disiapkan.

“Tujuh Posko Kesehatan itu adalah, Posko Kesehatan Taman Mojosari, Bunderan Pacet, Daplang, Exit Tol Penompo, Exit Tol Gedeg, Gajah Mada dan Posko Kesehatan Kenanten,” ungkap Tutik Alfiyati.

Lebih lanjut dikatakan Pj Rujukan, setiap jaga ada 3 shift, Pagi, Sore dan Malam Satu Tim ada 3 orang PSC 119 yang menjadi bagian utama dari rangkaian kegiatan SPGDT Prafasilitas Pelayanan Kesehatan, yang berfungsi melakukan pelayanan kegawat daruratan.

“Supervisi dari Dinkes sebanyak 7 orang, para Relawan yang terdaftar di Kabupaten Mojokerto, ada Relawan PMI, Satya Maja dan beberapa relawan lainnya,” tambah Tutik.

Tutik juga menyampaikan bahwa, untuk mendukung Mudik Natal dan Tahun Baru, Dinkes Kabupaten Mojokerto juga menyediakan 28 Ambulance, untuk pelayanan kesehatan selama Mudik Nataru.

Penulis: Ariyanto

Editor: Wulan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.