DPRD Tanah Datar Siap Mendukung Kegiatan Masyarakat

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Sebagai wakil masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Datar akan senantiasa mendukung dan membantu apapun yang menjadi keinginan masyarakat, sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Tanah Datar Roni Mulyadi Dt. Bungsu pada saat menghadiri acara syukuran “Alek Kapalo Banda” bersama Bupati Eka Putra di Jorong Pincuran Tujuah, Nagari Batipuah Baruh, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (14/5).

Rony Mulyadi sebutkan, tradisi seperti ini perlu untuk terus dipertahankan dan pihaknya sebagai wakil rakyat akan selalu mendukung apapun yang diminta oleh masyarakat.

“Saya sepakat dengan Bapak Bupati, bahwa kegiatan ini perlu dipertahankan dan dilestarikan sebagai kearifan lokal. Ini luar biasa, syukuran Alek Kapalo Banda ini sudah dilaksanakan secara turun-temmurun selama 113 tahun lamanya. Saya bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga kedepannya bisa terus dipertahankan,” ujar Rony Mulyadi.

Jorong Pincuran Tujuh, Nagari Batipuh Baruh ini terletak sekitar kurang lebih 30 km dari pusat Kota Batusangkar dan memang letaknya yang berada di dataran tinggi (di perbukitan) dan memiliki mata air yang terletak di sekitar satu-satunya masjid di jorong tersebut, yaitu masjid Nurul Qalbi. Mata air tersebut sejak dari zaman dahulu sampai hari ini tidak pernah kering, sekalipun sedang musim kemarau.

Mata air tersebutlah yang menjadi sumber mata air bersih bagi masyarakat disini, sekaligus juga dimanfaatkan untuk mengaliri puluhan hektare sawah masyarakat. Di sekitar mata air itu saat ini juga telah dibuat sebuah bak penampungan air oleh warga dan dibuat pancuran sebanyak 7 (tujuh) buah yang dimanfaatkan untuk kebutuhan air bersih, mandi, mencuci juga kebutuhan air lainnya.

Karena rahmat yang begitu besar iulah masyarakat Nagari Batipuah Baruh, khususnya Jorong Pincuran Tujuah mengungkapkan rasa syukurnya yang sangat mendalam kepada Allah SWT Sang Maha Pencipta yaitu dengan mengadakan syukuran ‘’Alek Kapalo Banda’’. (MR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.